Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Makanan Mie Ayam IGE di Cileungsi / Elisabeth Cika Tan / 70200318 / Pembimbing: Liaw Bun Fa

Elisabeth, Cika Tan (2024) Rencana Bisnis Pengembangan Usaha Makanan Mie Ayam IGE di Cileungsi / Elisabeth Cika Tan / 70200318 / Pembimbing: Liaw Bun Fa. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (842kB)
[img] Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (875kB)
[img] Text
BAB II - LATAR BELAKANG USAHA.pdf - Published Version

Download (835kB)
[img] Text
BAB III - ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI - RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB VII - RENCANA KEUANGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VIII - RENCANA RESIKO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (850kB)
[img] Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
RESUME.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version

Download (430kB)

Abstract

Usaha Mie Ayam IGE merupakan bisnis kuliner yang menonjolkan mie ayam sebagai menu utamanya. Pengembangan usaha dilakukan atas dasar peluang yang cukup besar di pasar, didorong oleh kegemaran masyarakat Indonesia terhadap mie. Lokasi pengembangan dipilih di Ruko Metland Cileungsi dengan keyakinan bahwa usaha ini akan diterima dengan baik, terutama dengan inovasi menu mie ayam pelangi yang menggunakan bahan baku premium dan pewarna alami dari sayuran serta buah, semuanya dibuat homemade oleh penulis. Variasi tiga topping ayam juga diharapkan dapat menjadi daya tarik utama dari produk Mie Ayam IGE. Mie Ayam IGE memiliki visi menjadi usaha mie ayam yang dikenal di Indonesia, menyajikan menu yang membawa kebahagiaan dan kepuasan bagi pelanggan. Produk utama meliputi mie ayam dan variasi menu lainnya seperti kwetiau ayam, bihun ayam, mie cendol beras/sagu ayam, nasi tim ayam, semuanya dijamin halal. Target pasar Mie Ayam IGE melibatkan segala kalangan dari balita hingga dewasa, serta kalangan menengah ke atas. Untuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh Mie Ayam IGE akan difokuskan pada diferensiasi dan positioning, yaitu dengan menawarkan produk inovasi mie ayam pelangi yang berbeda dari para pesaing dan untuk positioning-nya Mie Ayam IGE sebagai salah satu penyedia makanan untuk produk yang dijual dengan jargon “Makan Enak? Ya Makan Mie Ayam IGE!” percaya bahwa dengan para customer mencoba menu pada Mie Ayam IGE akan membuat mereka merasa puas atas menu yang disantap dan akan datang kembali untuk memesan dan memakan hidangan pada Mie Ayam IGE. Sumber daya manusia yang dibutuhkan Mie Ayam IGE adalah lima orang yang terdiri dari satu orang manajer, dua orang koki dan dua orang pelayan (serving dan bersih- bersih). Pendanaan awal untuk usaha Mie Ayam IGE adalah sebesar Rp 165.000.000. Berdasarkan analisis bisnis termasuk konsep, visi, misi, produk, persaingan, target pasar, strategi pemasaran, manajemen, dan kelayakan keuangan, Mie Ayam IGE diperkirakan akan mencapai titik balik modal dalam waktu 1 tahun 6 bulan 5 hari. Nilai Net Present Value (NPV) lebih besar dari 1 (Rp 768.445.637), Profitability Index (PI) lebih besar dari 1 (5,66), dan Break Even Point (BEP) menunjukkan penjualan per tahun Mie Ayam IGE lebih tinggi dari nilai BEP, sehingga bisnis ini direkomendasikan dan layak dijalankan. Kata Kunci: Mie Ayam IGE, e-commerce, mie pelangi

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Mie Ayam IGE, e-commerce, mie pelangi
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HI Business > Small Business - Management
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneur
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: Rijal Zaenal Abidin
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:04
Last Modified: 14 Oct 2025 04:04
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5536

Actions (login required)

View Item View Item