Pengaruh Preferensi Budaya Pop Korea Melalui Karakteristik Pribadi Terhadap Minat Berwisata Ke Korea Selatan (Studi Explanatori Pada Minat Mahasiswi / Mahasiswa di Dua PTS Jakarta Utara Berwisata ke Korea Selatan) / Marsela Giovani / 68150185/ Pembimbing : Imam Nuraryo

Giovani, Marsela (2020) Pengaruh Preferensi Budaya Pop Korea Melalui Karakteristik Pribadi Terhadap Minat Berwisata Ke Korea Selatan (Studi Explanatori Pada Minat Mahasiswi / Mahasiswa di Dua PTS Jakarta Utara Berwisata ke Korea Selatan) / Marsela Giovani / 68150185/ Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (898kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Preferensi Budaya Pop Korea Terhadap Karakteristik Pribadi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Karakteristik Pribadi terhadap Minat Berwisata ke Korea Selatan. Kemudian yang terakhir dalam penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Preferensi Budaya Pop Korea melalui Karakteristik Pribadi terhadap Minat Berwisata ke Korea Selatan. Peneliti menggunakan dua teori yaitu Teori S-O-R dan teori Behaviorisme. Teori S-O-R yang berasal dari singkatan Stimulus-Organism-Response. Teori S-O-R ini memiliki efek sebagai reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga orang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan reaksi komunikan tersebut. Sedangkan teori behaviorisme adalah teori atau doktrin yang mengasumsikan bahwa psikologi manusia atau hewan dapat dipelajari secara akurat hanya melalui pengamatan dan analisis peristiwa perilaku yang diamati dan terukur yang berbeda dari mentalitas subyektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis survei eksplanatori. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang akan diberikan kepada 378 responden. Variabel independen (Preferensi Budaya Pop Korea Terhadap Minat Berwisata ke Korea Selatan dan Variabel Terkait (Minat Mahasiswi / Mahasiswa di dua PTS Jakarta Utara bepergian ke Korea Selatan). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random probabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Reliabilitas, Skala Likert, Skala Nominal, Uji Normalitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa variabel X3 (Fashion Korea) pada Organisme adalah sebesar 26%. Maka dari itu, peneliti juga menyimpulkan bahwa variabel Preferensi Budaya Pop Korea yang terbukti signifikan terhadap Minat Pariwisata di Korea Selatan. Kemudian variabel X2 berikutnya (Lagu Pop Korea) memberikan pengaruh terbesar pada organisme sebesar 26,9%. Tetapi variabel terkecil X1 (Drama Korea) adalah 19,8%. Kesimpulan berdasarkan penelitian yang telah peneliti teliti adalah bahwa variable Preferensi Budaya Pop Korea seperti seni peran, lagu pop Korea dan fashion terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Karakteristik Pribadi / Organisme. Namun, berdasarkan variabel Karakteristik Pribadi / Organisme terbukti bahwa hal itu dapat secara signifikan mempengaruhi minat wisata ke Korea Selatan. Sedangkan pada variabel Budaya Pop Korea melalui Karakteristik Pribadi terhadap Minat Wisata ke Korea Selatan memiliki pengaruh secara langsung antara Budaya Pop Korea melalui Karakterstik Pribadi. Akan tetapi untuk variable Budaya Pop Korea (X1 Seni Peran) terhadap Minat Wisata ke Korea Selatan memiliki pengaruh langsung. Sementara pada variabel Budaya Pop Korea (X2 Lagu Pop Korea dan X3 Fashion) tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap Minat Wisata ke Korea Selatan

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Psikologi-Aspek Perilaku Manusia; Industri Pariwisata
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 22 Oct 2020 08:38
Last Modified: 22 Oct 2020 08:38
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item