Prescillia, Cindy (2019) Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek terhadap Minat Beli pada Kosmetik Wardah Instaperfect / Cindy Prescillia / 22150107 / Pembimbing : Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
Cover Skripsi.docx - Accepted Version Download (206kB) |
||
|
Image
Scan Pengesahan.jpg - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.docx - Accepted Version Download (13kB) |
||
Text
ABSTRACT INGGRIS.docx - Accepted Version Download (12kB) |
||
Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (13kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.docx - Accepted Version Download (14kB) |
||
Text
DAFTAR TABEL.docx - Accepted Version Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR GAMBAR.docx - Accepted Version Download (11kB) |
||
Text
BAB I.docx - Accepted Version Download (81kB) |
||
Text
BAB II.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
Text
BAB III.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
Text
BAB IV.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
BAB V.docx - Accepted Version Download (14kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (16kB) |
||
Text
LAMPIRAN .docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
Image
Surat Originalitas.jpg - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
Text
Resume.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
Abstract
Dikarenakan generasi millenial (terutama yang berjenis kelamin wanita) telah menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan primer, pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia pun ikut meningkat. Sebelum membeli kosmetik, biasanya wanita generasi millenial akan mencari informasi mengenai produk kosmetik yang ingin dibelinya terlebih dahulu sehingga pertumbuhan jumlah penonton video kecantikan di Youtube pun semakin meningkat. Oleh karena jumlah penonton video kecantikan yang semakin meningkat, jumlah beauty vlogger juga semakin meningkat. Hal lainnya yang akan diperhatikan oleh konsumen adalah citra merek kosmetiknya. Semakin baik citra merek yang dimiliki suatu produk kecantikan maka konsumen akan semakin percaya kepada produk tersebut. Melalui berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti lain, peneliti menyadari adanya pengaruh yang mempengaruhi minat beli konsumen. Diantaranya adalah celebrity endorsement (endorsement beauty vlogger) dan citra merek. Endorsement beauty vlogger adalah orang terkenal (selebriti di Youtube) yang membuat konten kecantikan berupa ulasan, cara menggunakan produk kecantikan, ataupun membahas mengenai produk kecantikan yang ia minati dan gunakan dalam bentuk video klip dan mengunggahnya ke media sosial (Youtube). Sementara itu, citra merek adalah persepsi konsumen mengenai sebuah merek dengan mengaktifkan asosiasi suatu merek di memori konsumen. Minat beli sendiri adalah ketika konsumen tertarik dan ingin membeli suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah celebrity endorsement dan citra merek, sedangkan variabel dependen penelitian ini adalah minat beli. Untuk mengetahui hasil penelitian akan digunakan metode analisis regresi, uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan uji multikolinearitas. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini, peneliti menyebarkan kuesioner melalui google form kepada 115 responden wanita berusia berusia 18 sampai 37 tahun yang berada di Indonesia, pernah menonton video produk Wardah Instaperfect di YouTube Suhay Salim, dan belum pernah membeli produk Wardah Instaperfect. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan tipe purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dari Oktober sampai Desember 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi 0.000. Hasil penelitian hipotesis celebrity endorsement terhadap minat beli diperoleh nilai sebesar 0.414. Hasil penelitian hipotesis citra merek terhadap minat beli diperoleh nilai sebesar 0.440. Sehingga dapat disimpulkan, celebrity endorsement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran-Merek Dagang; Endorsement beauty vlogger |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HH Accounting (General) |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:09 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:09 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/204 |
Actions (login required)
View Item |