Pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan Indomaret di daerah Sunter Jakarta Utara / Toni / 24130042 / Pembimbing: Lily Harjati

Toni, Toni (2017) Pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan Indomaret di daerah Sunter Jakarta Utara / Toni / 24130042 / Pembimbing: Lily Harjati. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (833kB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version

Download (978kB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan aran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
Originalitas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Text (Resume)
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Di tahun 2015, Sektor perekonomian di Indonesia bergerak lambat dan aktivitas dunia usaha kurang bergairah. Hal ini juga diikuti dengan krisis ekonomi dan keuangan global yang menerjang dunia pada saat itu, ditambah lagi dengan harga minyak dunia yang cenderung menurun mempengaruhi kinerja perekonomian di Indonesia. Melambatnya ekonomi di Indonesia tahun 2015 menyebabkan industri ritel pun terkena imbasnya. Salah satu ritel yang beroperasi di Indonesia yaitu Indomaret berhasil bertahan dalam kondisi perekonomian yang menantang. Strategi pemasarannya diintegrasikan dengan kegiatan promosi yang dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan fokus target pasarnya. Berdasarkan kondisi yang terlihat di atas, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai bagaimana Indomaret bisa bertahan pada kondisi perekonomian di tahun 2015 sampai sekarang ini dilihat dari promosi pada Indomaret dan juga bagaimana kepuasan serta loyalitas pelanggannya sekarang ini dimana Indomaret masih bisa memiliki target yang lebih besar dibanding tahun – tahun sebelumnya. Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi / membujuk, dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.Model untuk penelitian ini adalah pengaruh promosi terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan secara deskriptif untuk mencari gambaran penilaian konsumen dan secara kausal untuk mengambil dan menjelaskan hubungan antar variabel. Disain penelitian dilihat dari perspektif tingkat perumusan masalah, metode pengumpulan data, pengendalian variabel, tujuan penelitian, dimensi waktu, ruang lingkup topic bahasan, ruang lingkup penelitian dan persepsi subjek. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner secara manual untuk 125 data dan menggunakan google forms untuk 75 data agar mendapat sampel sebesar 200 yang digunakan untuk mengolah data menggunakan Lisrel-9. Analisis validitas dan reliabilitas kuisioner serta analisis persentase dilakukan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan pada promosi terhadap kepuasan dan juga terhadap loyalitas. Pengaruh langsung promosi terhadap loyalitas lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsungnya yang melalui kepuasan pelanggan. Kesimpulannya hipotesis penelitian ini terbukti, Indomaret perlu memperhatikan media promosi dan juga event yang disponsori agar mendapat respon yang lebih baik dari pelanggannya. Untuk penelitian selanjutnya, variabel diluar penelitian ini dapat dimasukkan seperti awareness yang menjadi alasan mengapa respon pelanggan terhadap promosi yang dilakukan Indomaret buruk atau peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain untuk mencari pengaruh bauran pemasaran ritel lainnya terhadap perilaku konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Promosi; Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:30
Last Modified: 02 Aug 2021 02:30
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item