Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) Serta Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Mega Panen Abadi / Asprillia Yohanna Christiani / 69130289 / Pembimbing: Pauline Hasan

Christiani, Asprillia Yohanna (2017) Analisis Elemen-Elemen Ekuitas Merek (Brand Equity) Serta Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Mega Panen Abadi / Asprillia Yohanna Christiani / 69130289 / Pembimbing: Pauline Hasan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
AWAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan)
bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (619kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text (Resume)
Resume.pdf - Published Version

Download (979kB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini, masyarakat perkotaan sudah memasuki era dimana segala hal dikerjakan dengan praktis karena ketidaktersediaannya waktu. Manusia memiliki kebutuhan dan keinginan. Dengan melihat dari sisi kebutuhan sehari-hari ini, lingkup bisnis melihat adanya peluang dalam membangun ekuitas mereknya. Untuk membangun ekuitas merek (brand equity) bukanlah hal yang mudah. Diperlukan strategi komunikasi pemasaran untuk menjadikan sebuah merek menjadi top of mind awareness di benak masyarakat serta untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekuitas merek yang didalamnya membahas mengenai nilai tambah yang diberikan merek pada produk, sehingga memiliki kekuatan merek. Di dalam ekuitas merek itu, terdapat elemen-elemen seperti brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Selain itu, penelitian ini juga mengambil teori komunikasi pemasaran terpadu yang membahas tentang segala usaha yang dilakukan perusahaan dalam mengkomunikasikan mereknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipan. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam terhadap para pelanggan FIPPER Indonesia dan PANAMA Indonesia, serta pihak perusahaan PT. Mega Panen Abadi. Kemudian untuk data-data sekundernya, penelitian ini menggunakan dokumentasi serta hasil kuesioner yang disebar oleh pihak perusahaan sendiri. Dari hasil wawancara mendalam yang dilakukan peneliti kepada beberapa informan, didapati hasil bahwa PT. Mega Panen Abadi memerlukan usaha ekstra guna meningkatkan ekuitas mereknya (brand equity) untuk PANAMA Indonesia. Dari setiap elemen-elemen ekuitas mereknya, FIPPER Indonesia memiliki kekuatan merek yang lebih besar daripada PANAMA Indonesia. Jika dikaji berdasarkan teori yang ada, PANAMA Indonesia saat ini memakai model komunikasi pemasaran seperti gelaran acara (event), hubungan masyarakat (public relations), pemasaran interaktif (online marketing), dan lain sebagainya. Berbeda dengan FIPPER Indonesia yang tidak terlalu banyak melakukan usaha tertentu untuk mengkomunikasikan mereknya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan antara elemen-elemen ekuitas merek, dimana ekuitas merek dari FIPPER Indonesia lebih kuat dibanding PANAMA Indonesia. Strategi komunikasi pemasaran antara FIPPER Indonesia dan PANAMA Indonesia juga memiliki perbedaan, yakni cara komunikasi yang berbeda diantara keduanya.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Merek Dagang; Pemasaran-Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:47
Last Modified: 14 Sep 2021 02:47
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item