Gotami, Tasya (2021) Pengaruh Motif Menonton Drama Korea di Netflix terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017-2019) / Tasya Gotami / 62170314 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (915kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (945kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (988kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (556kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (786kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (941kB) |
Abstract
Netflix merupakan layanan streaming film pertama yang hadir di Indonesia, tepatnya pada 7 Januari 2016. Sejak tahun 2017, Netflix mulai bekerja sama dengan beberapa perusahaan media terkemuka di Korea Selatan untuk mengembangkan dan memperkenalkan drama Korea secara global. Drama Korea merupakan salah satu alternatif hiburan yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motif menonton drama Korea di Netflix terhadap kepuasan pelanggan di kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017-2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Uses and Gratification yang dipopulerkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974, melalui bukunya The Uses of Mass Communications: Current Perspective on Gratification Research. Teori ini memiliki gagasan bahwa masing-masing individu menggunakan dan memberikan tanggapan terhadap isi media secara berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor sosial dan psikologis sesuai lingkungan dari masing-masing individu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survei eksplanatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Pengujian data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif variabel, uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji F, dan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif variabel, motif dan kepuasan yang mendapatkan nilai tertinggi terdapat pada dimensi hiburan. Berdasarkan hasil uji t, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh motif menonton drama Korea di Netflix terhadap kepuasan pelanggan di kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017-2019. Pada uji koefisien korelasi menyatakan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang sangat tinggi (kuat sekali). Uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R2 sebesar 0,857 dan melalui uji regresi linear sederhana memperoleh nilai yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh motif menonton drama Korea di Netflix terhadap kepuasan pelanggan di kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017-2019 sebesar 85,7% dan sisanya sebesar 14,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti. Lalu sebagian besar responden menyatakan sangat setuju bahwa motif dan kepuasan mereka dalam menonton drama Korea di Netflix terdapat pada dimensi hiburan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motif; Kepuasan; Drama Korea; Layanan Streaming; Netflix |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:00 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 07:00 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3123 |
Actions (login required)
View Item |