Pengaruh Motif Menonton Drama Korea di Netflix terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017-2019) / Tasya Gotami / 62170314 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki

Gotami, Tasya (2021) Pengaruh Motif Menonton Drama Korea di Netflix terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2017-2019) / Tasya Gotami / 62170314 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (945kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (988kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (941kB)

Abstract

Netflix merupakan layanan streaming film pertama yang hadir di Indonesia, tepatnya pada 7 Januari 2016. Sejak tahun 2017, Netflix mulai bekerja sama dengan beberapa perusahaan media terkemuka di Korea Selatan untuk mengembangkan dan memperkenalkan drama Korea secara global. Drama Korea merupakan salah satu alternatif hiburan yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motif menonton drama Korea di Netflix terhadap kepuasan pelanggan di kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017-2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Uses and Gratification yang dipopulerkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974, melalui bukunya The Uses of Mass Communications: Current Perspective on Gratification Research. Teori ini memiliki gagasan bahwa masing-masing individu menggunakan dan memberikan tanggapan terhadap isi media secara berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor sosial dan psikologis sesuai lingkungan dari masing-masing individu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survei eksplanatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Pengujian data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif variabel, uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji F, dan uji t. Berdasarkan analisis deskriptif variabel, motif dan kepuasan yang mendapatkan nilai tertinggi terdapat pada dimensi hiburan. Berdasarkan hasil uji t, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh motif menonton drama Korea di Netflix terhadap kepuasan pelanggan di kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017-2019. Pada uji koefisien korelasi menyatakan bahwa kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang sangat tinggi (kuat sekali). Uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R2 sebesar 0,857 dan melalui uji regresi linear sederhana memperoleh nilai yang positif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh motif menonton drama Korea di Netflix terhadap kepuasan pelanggan di kalangan Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017-2019 sebesar 85,7% dan sisanya sebesar 14,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti. Lalu sebagian besar responden menyatakan sangat setuju bahwa motif dan kepuasan mereka dalam menonton drama Korea di Netflix terdapat pada dimensi hiburan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Motif; Kepuasan; Drama Korea; Layanan Streaming; Netflix
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:00
Last Modified: 15 Jul 2022 07:00
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item