Audit Operasional Terhadap Aktivitas Front Office di Hotel X Tahun 2016 / Haris Andalan Kusuma / 34130547 / Pembimbing : Hanif Ismail

Kusuma, Haris Andalan (2019) Audit Operasional Terhadap Aktivitas Front Office di Hotel X Tahun 2016 / Haris Andalan Kusuma / 34130547 / Pembimbing : Hanif Ismail. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
001 HALAMAN JUDUL (cover).docx - Accepted Version

Download (28kB)
[img] Text
002 SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version

Download (152kB)
[img] Text
003 ABSTRAK (indonesia).docx - Accepted Version

Download (18kB)
[img] Text
004 ABSTRACT (english).docx - Accepted Version

Download (16kB)
[img] Text
005 KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version

Download (16kB)
[img] Text
006 DAFTAR ISI.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text
007 BAB 1 - PENDAHULUAN.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
008 BAB 2 - LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PENELITIAN.docx - Accepted Version

Download (98kB)
[img] Text
009 BAB 3 - METODE PENELITIAN.docx - Accepted Version

Download (28kB)
[img] Text
010 BAB 4 - ANALISA DAN PEMBAHASAN.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
011 BAB 5 - SIMPULAN & SARAN.docx - Accepted Version

Download (23kB)
[img] Text
012 DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text
009 DAFTAR LAMPIRAN.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
014 Scan Originalitas.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Hotel X adalah hotel berbintang dua yang terletak di jantung kota Jakarta, Indonesia. Pada tahun 2016, ada pembaharuan kebijakan dari manajemen hotel untuk mengurangi jumlah karyawan Front Office guna meningkatkan efisiensi. Oleh karena itu, dalam studi ini penulis memutuskan untuk melakukan audit operasional terhadap aktivitas Front Office di Hotel X pada tahun 2016. Dalam studi ini, pelaksanaan audit operasional dibagi menjadi 3 kategori, yaitu evaluasi terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) Front Office, analisis efektivitas, dan analisis efisiensi. Penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Yang pertama, evaluasi SOP dilaksanakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari SOP yang sudah ada. Yang kedua, analisis efektivitas dilaksanakan untuk mengetahui realisasi SOP Front Office di lapangan, dengan cara melakukan wawancara terstruktur terhadap 3 karyawan Front Office. Yang ketiga, analisis efisiensi dilakukan untuk mengetahui apakah pengurangan karyawan Front Office di tahun 2016 telah mampu meningkatkan efisiensi kerja Front Office atau tidak. Tingkat efisiensi ini diukur dengan membandingkan input (total gaji karyawan Front Office dan total biaya pemasaran) dengan output (revenue penjualan kamar). Selanjutnya, hasil dari perhitungan efisiensi tahun 2016 ini akan dibandingkan dengan data tahun 2015 untuk mengetahui efek dari perubahan kebijakan di tahun tersebut. Hasil dari evaluasi SOP menyimpulkan bahwa SOP Front Office Hotel X tahun 2016 banyak menitikberatkan pada prosedur pembayaran kamar, dan kurangnya perhatian terhadap standardisasi prosedur pemesanan kamar (reservation) dan pelayanan tamu selama menginap (reception). Selanjutnya, hasil audit menunjukkan nilai efektivitas kinerja Front Office pada tahun 2016 sebesar 89%. Namun, hasil analisis efisiensi menunjukkan penurunan sebanyak 18% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan dari studi ini, penulis menyimpulkan bahwa kinerja Front Office pada tahun 2016 sudah cukup efektif dalam melaksanakan SOP, namun kebijakan manajemen hotel dalam mengurangi pegawai Front Office di tahun 2016 ternyata justru menurunkan tingkat efisiensi. Selanjutnya, penulis menyarankan kepada pihak manajemen Hotel X untuk menyempurnakan standardisasi Front Office khususnya dalam prosedur reservation dan reception guna meningkatkan pelayanan hotel. Finally, penulis juga merekomendasikan kepada manajemen Hotel X untuk mengoptimisasi lebih lanjut jumlah karyawan Front Office yang dibutuhkan guna meningkatkan efisiensi kinerja Front Office

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Auditing; Manajemen Perhotelan; Prosedur Standar Operasional; SOP; Manajemen Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HH Accounting (General) > Accounting
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:55
Last Modified: 03 Jul 2020 03:55
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item