Jonathan, Vincent (2021) Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM), Diferensiasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Aksesoris Mobil Bermaterial Fiberglass pada Aplikasi Bukalapak / Vincent Jonathan / 28170064 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (895kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version Download (854kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version Download (759kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version Download (877kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version Download (349kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (611kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version Download (8MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Vincent Jonathan / 28170064 / 2021 / Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM), Diferensiasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Aksesoris Mobil Bermaterial Fiberglass pada Aplikasi Bukalapak / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih, S.E., M.M. Perkembangan dunia otomotif yang semakin maju saat ini membuat para konsumen mulai dipengaruhi oleh kebiasaan memodifikasi mobil. Para pengusaha otomotif yang membuka usaha aksesoris mobil untuk kegiatan modifikasi saat ini menjual produknya di Maketplace. Hal ini dikarenakan, konsumsi masyarakat dan kesukaannya pada suatu produk aksesoris mobil bisa direalisasikan lewat belanja online tanpa harus berkunjung ke toko offline. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM), Diferensiasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Aksesoris Mobil Bermaterial Fiberglass pada Aplikasi E-commerce Bukalapak. Keputusan Pembelian Konsumen adalah suatu keputusan konsumen yang dipengaruhi oleh ekonomi, keuangan, teknologi, politik, budaya, produk, harga, lokasi, promosi, physical evidence, people dan process. Sehingga membentuk suatu sikap pada konsumen dalam mengolah segala bentuk informasi dan mengambil kesimpulan berupa respons yang muncul, yaitu produk apa yang akan dibeli, merek, toko, dan waktu atau kapan membeli dan sebagainya. Objek penelitian ini adalah produk Grill Vincent_Bodykit, yaitu aksesoris mobil bermaterial fiberglass pada aplikasi E-commerce Bukalapak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu menyebarkan daftar pertanyaan kepada 160 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode judgement sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi, yaitu residual berdistribusi normal, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas dan tidak terdapat multikolinearitas. Hasil uji F menunjukkan bahwa F hitung 60.510 > dari F tabel 2.66 dengan nilai signifikan 0.000 < dari 0.05, artinya e-WOM, Diferensiasi Produk dan Persepsi Harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hasil uji T menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Persepsi Harga memiliki nilai signifikan di bawah 0.05 sehingga hipotesis diterima. Sedangkan, Diferensiasi Produk memiliki nilai signifikan di atas 0.05 sehingga hipotesis ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth dan Persepsi Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Aksesoris Mobil Bermaterial Fiberglass pada Aplikasi Bukalapak. Sedangkan, Diferensiasi Produk tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Variabel Electronic Word of Mouth, Diferensiasi Produk dan Persepsi Harga dapat menerangkan Keputusan Pembelian Konsumen sebesar 52.9%. Sisanya, yaitu sebesar 47.1% adalah faktor lain yang tidak termasuk dalam model regresi.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | electronic word of mouth (e-WOM); diferensiasi produk; harga; keputusan pembelian konsumen; dunia otomotif; modifikasi mobil; e-commerce; Bukalapak |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Pricing (Marketing) |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 08:20 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 08:20 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3320 |
Actions (login required)
View Item |