Karakteristik Inovasi yang Memengaruhi Brand Acceptability Merek OVO / Venna Kintan / 26150462 / Pembimbing: Bilson Simamora

Kintan, Venna (2019) Karakteristik Inovasi yang Memengaruhi Brand Acceptability Merek OVO / Venna Kintan / 26150462 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
Cover OVO.docx - Accepted Version

Download (44kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg - Accepted Version

Download (460kB) | Preview
[img] Text
abstrak indo.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] Text
abstract ingg.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx - Accepted Version

Download (25kB)
[img] Text
Daftar Tabel.docx - Accepted Version

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Gambar.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.docx - Accepted Version

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.docx - Accepted Version

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.docx - Accepted Version

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx - Accepted Version

Download (41kB)
[img] Text
Lampiran.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
Resume Karya Akhir Venna 26150462.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

OVO adalah aplikasi finansial yang diluncurkan secara luas pada September 2017. Sejak diluncurkan OVO telah mendapat 10 juta pengguna pada bulan Juli 2018. Pertanyaannya adalah “bagaimana pengaruh relative advantage, compatibility, complexity, dan observability merek OVO terhadap penerimaan merek?” Teori yang digunakan adalah teori Inovasi yang mencakup Difusi Inovasi, Proses Putusan Inovasi, Tingkatan dalam Difusi Inovasi, dan Karakteristik Inovasi. Teori lainnya yang digunakan adalah teori mengenai Brand dan Brand Acceptability. Untuk mengetahui hasil, digunakan metode analisis regresi berganda . Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner kepada 150 (seratus lima puluh) responden yang mengunduh dan/atau menggunakan aplikasi OVO paling tidak satu kali dalam 6 (enam) bulan terakhir. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik judgement sampling. Pengujian model dan pengolahan data menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) relative advantage berpengaruh positif siginifikan pada penerimaan merek karena aplikasi OVO dapat memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan pembayaran secara elektronik, (2) compatibility tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan merek dikarenakan aplikasi OVO merupakan aplikasi berbayar secara elektronik yang relatif baru sehingga membutuh waktu untuk dapat diterima oleh masyarakat, (3) complexity berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan merek oleh karena aplikasi OVO mudah dipahami dan dimengerti oleh konsumen, (4) observability berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan merek karena aplikasi OVO memiliki inovasi yang dapat terlihat dan dirasakan oleh konsumen. Peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk melakukan penyuluhan, seminar dan bahkan workshop mengenai aplikasi OVO dengan tujuan agar aplikasi OVO dapat lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Untuk OVO, peneliti menyarankan untuk tetap melakukan upaya pemasaran serta melakukan upaya yang berfokus pada kalangan yang lebih tinggi umurnya atau diatas 31 tahun. Kata Kunci: Difusi Inovasi, Relative Advantage, Compatibility, Complexity, Observability, dan Brand Acceptance

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Manajemen; Pemasaran-Merek Dagang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:53
Last Modified: 06 Jul 2020 03:53
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item