Pengaruh Pesan Iklan Televisi Situs Belanja Elevenia Terhadap Sikap Pembelian Pada Mahasiswa (Survei Eksplanatori Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2013-2014 Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie) / Oscar Lana Karnayasa / 69120320 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Karnayasa, Oscar Lana (2016) Pengaruh Pesan Iklan Televisi Situs Belanja Elevenia Terhadap Sikap Pembelian Pada Mahasiswa (Survei Eksplanatori Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2013-2014 Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie) / Oscar Lana Karnayasa / 69120320 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (METODE PENELITIAN)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (945kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (646kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version

Download (950kB)

Abstract

Manusia hidup di dunia dimana teknologi terus berkembang dan memainkan peran penting dalam membantu kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi tersebut adalah internet. Sebagai media baru, internet seakan menghipnotis penggunanya dengan beragam kemudahan yang ditawarkan. Sebagai imbasnya, pertumbuhan pengguna internet semakin besar tiap tahunnya. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, salah satunya adalah berbelanja online dengan tawaran yang sangat menarik yaitu efisiensi. Penelitian ini menerapkan teori behavioristik sebagai teori utama. Teori behavioristik memandang bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku, yang bisa diamati, diukur dan dinilai secara konkret. Selanjutnya adalah teori kondisioning operan sebagai teori tengah yang memandang bahwa seseorang dapat mengontrol tingkah laku organisme melalui pemberian reinforcement yang bijaksana. Terakhir adalah teori terapan yaitu teori stimulus respon yang memandang bahwa perilaku individu timbul karena kekuatan stimulus yang datang dari luar dirinya, bukan atas dasar motif dan sikap yang dimiliki. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengungkapkan pengaruh pesan iklan televisi terhadap sikap pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan paradigma sederhana dan metode penelitian survei. Data penelitian yang diperoleh dari kuesioner diolah dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif variabel dan analisis karakteristik responden. Selanjutnya, penulis menyusun tabulasi silang, uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji heterokedastisitas dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hubungan yang terjadi antara pesan iklan televisi dengan sikap pembelian adalah hubungan positif yang cukup kuat yang ditunjukkan dari nilai analisis korelasi Pearson yaitu sebesar 0,533. Besarnya sikap pembelian yang dipengaruhi oleh pesan iklan televisi sebesar 28,4% sedangkan sisanya sebesar 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti oleh penulis. Dari perhitungan statistik uji T dapat dilihat (t hitung > t tabel), t hitung untuk variabel pesan iklan = 5,312 lebih besar dari t tabel = 1,668. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, yaitu: “Pesan iklan televisi situs belanja elevenia berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelian pada mahasiswa”, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, peneliti membuat kesimpulan bahwa pesan iklan televisi situs belanja Elevenia berpengaruh signifikan terhadap sikap pembelian pada mahasiswa. Selain itu, hubungan yang terjadi antara pesan iklan televisi situs belanja Elevenia dengan sikap pembelian adalah hubungan positif yang cukup kuat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pesan Iklan Televisi; Situs Belanja Elevenia; Sikap Pembelian; Survei Eksplanatori; Mahasiswa; Belanja Online
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 02 Aug 2023 08:01
Last Modified: 02 Aug 2023 08:01
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item