Analisis Hubungan Penentuan Positioning dan Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing Sepeda Motor Honda Scoopy di Jakarta / Eknamara Dzuhry / 20060545 / Pembimbing : Tony Sitinjak

Dzuhry, Eknamara (2013) Analisis Hubungan Penentuan Positioning dan Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing Sepeda Motor Honda Scoopy di Jakarta / Eknamara Dzuhry / 20060545 / Pembimbing : Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (955kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (964kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Sangat penting bagi produsen sepeda motor dewasa ini untuk menanamkan suatu persepsi dan citra positif dibenak konsumen dan di calon konsumennya seperti yang dilakukan oleh PT. AHM saat ini yaitu tidak hanya dengan sekedar kualitas produknya, melainkan juga dengan konsep difrensiasi dan posisi guna menambah lini jajaran kategori sepeda motor dengan menghadirkan ganre baru dipasar sepeda motor Indonesia sejak 2010 silam. Perbedaan yang diusung Sepeda motor Honda Saat itu, menggeser penempatan positioning Honda Scoopy ke arah yang berbeda dengan para pesaingnya, dengan spekulasi PT. AHM bahwa difrensiasi dan positioning yang dihadirkan oleh Honda Scoopy akan memberikan keunggulan bersaing yang lebih pada produk sepeda motor Honda. Dalam penelitian ini penulis mengangkat topik “Analisis hubungan penentuan positioning dan Strategi Diferensiasi terhadap keunggulan bersaing sepeda motor Honda Scoopy”. Dimana variabel “X” (independent) meliputi penentuan positioning dan Strategi diferensiasi, sedangkan variabel “Y” (dependent) yaitu Keunggulan bersaing sepeda motor Honda Scoopy. Penulis ingin mengetahui adakah hubungan positif atau negatif antara variabel “X” terhadap variabel “Y”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel Non Probabilitas Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang menggunakan Judgement sampling, dimana yang menjadi pertimbangannya adalah pemilik dan atau pengguna produk sepeda motor Honda Scoopy di Jakarta. Mengingat keterbatasan tenaga, biaya, dan waktu yang dimiliki oleh peneliti, maka kuisioner yang telah disiapkan hanya untuk 108 responden sebagai sampel penelitian ini, diharapkan seluruh kuisioner tersebut dapat diolah secara maksimal tanpa adanya kecacatan atau kekurangan dalam pengisian kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan rangkuman dari hasil korelasi Pearson yang telah peneliti uji sebelumnya, dimana variabel Penentuan positioning (X1) dan Strategi diferensiasi (X2) memiliki hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan terhadap variabel Keunggulan bersaing (Y). Sehingga dapat dinyatakan bahwa Hipotesis pertama, hubungan Penentuan positioning terhadap Keunggulan bersaing (H0-1 : r = 0) dan Hipotesis kedua, hubungan Strategi diferensiasi terhadap Keunggulan bersaing (H0-2 : r = 0) adalah ditolak, karena nilai korelasi Pearson untuk variabel Penentuan positioning (X1) dan Strategi diferensiasi (X2) terhadap Keunggulan bersaing (Y) yaitu r > 0. Setelah melakukan penelitian mengenai Hubungan penentuan positioning dan strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing produk sepeda motor Honda Scoopy di Jakarta pada periode Februari 2013 sampai April 2013, maka dapat disimpulkan bahwa faktor pembeda yang menjadi keunikan dari produk sepeda motor Honda Scoopy adalah tampilan sepeda motor dengan fesyen retro, Bahwa positioning yang dimiliki oleh Honda Scoopy merupakan sepeda motor yang berkesan dinamis dengan fesyen dan style yang digandrungi oleh anak muda atau yang berjiwa muda. Penentuan positioning memiliki hubungan positif yang kuat dan signifikan terhadap Keunggulan bersaing. Strategi diferensiasi memiliki hubungan positif yang kuat dan signifikan terhadap Keunggulan bersaing.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing; Positioning; Diferensiasi; Otomotif; Sepeda Motor; Honda Scoopy; PT AHM
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:31
Last Modified: 14 Jul 2023 01:31
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item View Item