Angelia, Monica (2013) Analisis Isi Iklan Kartu Seluler CDMA Esia dalam Bentuk Iklan Cetak pada Tahun 2007-2013 / Monica Angelia / 66090073 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (959kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (998kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (961kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (949kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Teknologi komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses atau menstransfer suatu data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Oleh karena itu, teknologi komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang berkaitan dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media. Produk kartu seluler Esia menerapkan berbagai macam strategi dalam berpromosi di setiap layanannya untuk menghasilkan iklan yang menarik sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat sampai kepada konsumen dengan efektif. Permasalahan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis isi atau content analysis. Metode analisis isi sebagai bentuk kegiatan membaca, menonton dan mendengar pesan dari media dalam skala yang luas dengan melakukan perhitungan terhadap hal yang ditangkap dari media tersebut. Analisis isi merupakan suatu metode untuk mempelajari dan menganalisis komunikasi secara sistematik, objektif, dan kuatitatif terhadap pesan yang tampak. Hal tersebut dianalisis melalui pendekatan iklan unit analisis isi yaitu melalui variabel harga, kekuatan sinyal, jaringan, dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis isi dari iklan provider CDMA Esia yang sudah ada dan beredar pada media cetak. Iklan tersebut dikumpulkan menurut berbagai versinya kemudian dianalisis melalui proses coding yaitu mengkategorikan data dimana terdapat coder yang bertugas menganalisis data yang ada. Hasil penelitian iklan kartu seluler CDMA Esia ini menunjukkan adanya hubungan erat dalam setiap penampilan iklan esia yang berhubungan dengan variabel penelitian analisis isi yaitu yang terkait dengan harga, kekuatan sinyal, jaringan dan teknologi. Namun di dalam setiap penampilan iklannya terdapat salah satu variabel yang lebih dominan dibandingkan dengan variabel pendekatan iklan lainnya. Kesimpulan penelitian iklan kartu seluler CDMA Esia ini menunjukkan hasil uji melalui Pearson’s menunjukkan koefisien korelasi 0,46 yang menyatakan hubungan antara variabel harga dan kekuatan sinyal adalah yang tertinggi diantara pendekatan variabel pendekatan iklan yang lain. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa di dalam menampilkan setiap iklan, Esia lebih mengutamakan penampilan promosi dengan harga yang murah dan juga kekuatan sinyal yang kuat. Kedua hal ini yang menjadi nilai jual yang melekat pada brand Esia sehingga menciptakan image kartu seluler CDMA termurah yang memiliki sinyal kuat di benak masyarakat.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan; Kartu Seluler; CDMA; Iklan Cetak; Teknologi Komunikasi; Esia; Tahun 2007-2013 |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 04 May 2023 04:43 |
Last Modified: | 04 May 2023 04:43 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3821 |
Actions (login required)
View Item |