Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth pada Niat Beli Ulang Pelanggan di Tokopedia / Rivaldo Haryono / 22180233 / Pembimbing : Bilson Simamora

Haryono, Rivaldo (2022) Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth pada Niat Beli Ulang Pelanggan di Tokopedia / Rivaldo Haryono / 22180233 / Pembimbing : Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (516kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yang memiliki sebuah marketplace. Di sebuah marketplace, konsumen dapat berinteraksi dengan penjual dan meninggal sebuah ulasan dalam bentuk informasi apapun setelah berbelanja dan inilah yang dapat menunjukan interaksi antar pembeli. Informasi inilah merupakan salah satu bentuk dari E-WOM yang dapat mempengaruhi sebuah niat beli konsumen. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth pada niat beli di Tokopedia. Pada penelitian ini, teori yang digunakan adalah electronic word of mouth yang terdiri atas intensity, positive valence, negative valence, dan content serta teori niat beli. Variabel yang terdapat pada penelitian terbagi menjadi dua, yaitu variabel independent electronic word of mouth dan variabel dependen niat beli. Objek penelitian ini adalah Tokopedia. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 70 responden dan metode pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online melalui google form. Teknik pengambilan sampel yaitu non-probability sampling dengan kriteria pernah menggunakan Tokopedia. Kemudian data akan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa intensity, negative valence dan content memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beli ulang, sedangkan positive valence tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang. Dengan demikian hasil tersebut menunjukan bahwa electronic word of mouth memiliki peran dalam mempengaruhi niat beli ulang konsumen. Peneliti menyarankan agar Tokopedia memberikan perhatian lebih terhadap informasi electronic word of mouth yang berkaitan dengan Tokopedia agar informasi tersebut dapat dijadikan sebuah masukan dan menjauhkan segala hambatan yang bisa saja dapat menghambat perkembangan Tokopedia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth; Perilaku Konsumen; intensity; positive valence; negative valence; content; Marketplace; Toko online; E-Commerce; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 19 Jan 2023 09:01
Last Modified: 19 Jan 2023 09:01
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item