Winata, Jessica (2022) Pengaruh Green Marketing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s di Jakarta Utara / Jessica Winata / 70180181 / Pembimbing : Bernadine. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (606kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (596kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (576kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (432kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (442kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (835kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk McDonald’s di Jakarta Utara. Pemilihan judul ini dilandasi oleh adanya fenomena pemanasan global yang dirasakan oleh seluruh dunia. Fenomena ini berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya lingkungan hidup. Salah satu bentuknya adalah adaptasi yang dilakukan dalam bentuk perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yaitu mulai beralih ke produk-produk yang berbahan dasar ramah lingkungan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu perusahaan yang gencar dalam menerapkan konsep Green marketing adalah McDonald’s Corporation. Selain menerapkan green marketing, McDonald’s Corporation juga terus berupaya untuk membangun citra merek yang positif dan berlomba-lomba berkompetisi di pasar untuk memenangkan hati konsumen sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Peneliti menggunakan teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli yang bersumber dari buku dan jurnal yang terbit dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun terakhir yang dapat mendukung untuk penelitian ini. Teori yang digunakan terdiri dari definisi, faktor pemicu, dimensi, serta indikator dari variabel green marketing, citra merek, dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan objek penelitian yaitu restoran McDonald yang berlokasi di Jakarta Utara, antara lain McDonald’s Dufan, McDonald’s Ancol Pantai Timur, McDonald’s Kelapa Gading, McDonald’s Danau Sunter, McDonald’s Kirana Shophouse, McDonald’s Muara Karang, dan McDonald’s Sunter Barat. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online melalui Google Form. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda, uji signifikan parameter individual (uji t), dan koefisien determinasi (R2). Seluruh data diolah dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk McDonald’s di Jakarta Utara. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan oleh kepada peneliti kepada pihak McDonald’s Indonesia antara lain mempertahankan dan meningkatkan penerapan konsep green marketing serta melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk dapat membentuk citra merek positif McDonald’s di mata konsumen.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Green Marketing; Citra Merek; Keputusan Pembelian; fenomena pemanasan global; metode kuantitatif; Restoran McDonald's |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Business Ethics H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 06:41 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 06:41 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4172 |
Actions (login required)
View Item |