Penerapan AISAS Model dalam Konten #JNEMajuIndonesia di Media Sosial oleh Agensi ImagiXancil / Dewi Wijaya Teguh / 66180235 / 2022 / Pembimbing : Dyah Nurul Maliki

Teguh, Dewi Wijaya (2022) Penerapan AISAS Model dalam Konten #JNEMajuIndonesia di Media Sosial oleh Agensi ImagiXancil / Dewi Wijaya Teguh / 66180235 / 2022 / Pembimbing : Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (963kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (593kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
RESUMJE.pdf - Published Version

Download (972kB)

Abstract

Peningkatan penggunaan internet di Indonesia meningkat lebih dari 10% setiap tahunnya. Hal ini dilihat oleh sebagian besar perusahaan maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah sebagai peluang untuk melakukan periklanan melalui media digital dengan target khalayak yang spesifik. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran mereka. Menurut hasil survei dari We Are Social dan Hootsuite, media yang paling banyak digunakan adalah media sosial. Diperlukan strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk mengantarkan penyampaian pesan dari pelaku bisnis kepada target audiens. Dengan tingginya minat dan kebutuhan tersebut, maka hadirlah agensi-agensi periklanan yang akan membantu para pelaku bisnis untuk menyusun dan melaksanakan strategi komunikasi pemasaran dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu agensi tersebut adalah agensi ImagiXancil yang sudah berpengalaman dalam bidang marketing and advertising. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui masing-masing dimensi AISAS model dalam konten #JNEMajuIndonesia oleh agensi ImagiXancil. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada komunikasi pemasaran, bauran pemasaran (marketing mix) yang berfokus pada promosi. Serta implementasi dari AISAS model oleh Dentsu, yang merupakan sebuah perubahan pada pola perilaku konsumen. AISAS ini merupakan model yang telah direncanakan atau dirancang untuk melakukan pendekatan secara efektif kepada target audiens yang telah ditentukan dengan melihat adanya perubahan perilaku yang terjadi khususnya terkait dengan latar belakang kemajuan teknologi internet. Sumber referensi menggunakan AISAS Model dalam Sugiyama dan Andree tahun 2011. Subjek penelitian ini adalah karyawan dari agensi periklanan ImagiXancil yang berkaitan erat dengan klien PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analysis interactive model oleh Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Attention, Interest, Search, Action, and Share atau AISAS model yang dilakukan oleh agensi ImagiXancil melewati beberapa tahapan yang rinci dan dipertimbangkan dengan matang, serta dilaksanakan oleh beberapa pihak terkait seperti Account Executive, tim strategic, tim social media, serta tim creative. Setelah melewati proses tersebut, konten tersebut akan diunggah setelah mendapat persetujuan dari pihak klien. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan AISAS model yang dilakukan oleh agensi ImagiXancil berhasil diterapkan mencapai Key Performance Indicator (KPI) yang diharapkan oleh kliennya, yaitu PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) yang dapat dilihat melalui hasil engagement yang diperoleh.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: AISAS Model; Attention, Interest, Search, Action, and Share; Konten; UMKM; Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah; Periklanan Media Digital; Agensi periklanan ImagiXancil; PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE); #JNEMajuIndonesia
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:56
Last Modified: 13 Jan 2023 07:29
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4186

Actions (login required)

View Item View Item