Nurjannah, Dina Pratiwi (2022) Gaya Komunikasi Pemimpin di Kantor Pos Cabang Manggala Wanabakti / Dina Pratiwi Nurjannah / 63180342 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (473kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (721kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (402kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (388kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (666kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (948kB) |
Abstract
Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama kelompok dan masyarakat. Di dalam kelompok atau organisasi itu selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari pemimpin dan bawahan atau karyawan. Dalam sebuah lingkungan organisasi, tidak akan lepas dari seorang pemimpin, anggota dan iklim organisasi. Seorang pemimpin harus mempunyai gaya komunikasi agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih efektif. Setiap pemimpin memiliki gaya komunikasi yang berbeda-beda dan setiap gaya komunikasi memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Didalam setiap kegiatan komunikasi juga sudah dapat dipastikan akan menghadapi berbagai hambatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori dasar yaitu teori gaya komunikasi, teori ini diambil dari komunikasi organisasi. Teori ini digunakan untuk menganalisis gaya komunikasi kepemimpinan pada Kantor Pos Cabang Manggala Wanabakti. Kantor Cabang Manggala Wanabakti merupakan kantor cabang dengan pendapatan tertinggi dan prestasi dengan pelayanan paling ramah dan kompak. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui gaya komunikasi apa yang digunakan oleh Pemimpin Kantor Cabang Manggala Wanabakti. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif menjelaskan kondisi secara nyata yang dialami oleh subjek penelitian atau mendeskripsikan secara detail mengenai objek penelitian yang akan diteliti. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian di Kantor Pos Cabang Manggala Wanabakti. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Gaya komunikasi yang digunakan Pimpinan Kantor Pos Cabang Manggala Wanabakti adalah equalitarian style. Pemimpin menggunakan komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan, Pemimpin juga mau menerima kritik dan saran dari para bawahan. Selain itu, media yang digunakan oleh Pemimpin Kantor Pos Cabang Manggala Wanabakti adalah tatap muka langsung dan media digital. Dari media yang digunakan tersebut juga terdapat beberapa hambatan seperti hambatan teknis dan hambatan manusiawi.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Komunikasi; Media Komunikasi; Pimpinan; Hambatan Organisasi; integrasi sosial; lingkungan organisasi; anggota; iklim organisasi; teori gaya komunikasi; Kantor Pos Cabang Manggala Wanabakti |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Verbal Communication |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:55 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 07:15 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4201 |
Actions (login required)
View Item |