Strategi Komunikasi Citra Kota Singkawang sebagai Kota Wisata di Kalimantan Barat / Ayu Vinensia / 65170207 / Pembimbing : Imam Nuraryo

Vinensia, Ayu (2022) Strategi Komunikasi Citra Kota Singkawang sebagai Kota Wisata di Kalimantan Barat / Ayu Vinensia / 65170207 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (876kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (856kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (818kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (180kB)

Abstract

Citra diartikan sebagai kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya. Citra kota dapat diartikan sebagai persepsi atau kesan yang tinggal dalam pengamat terhadap lingkungannya atau pun kota itu sendiri. Citra kota sangat berpengaruh pada kota itu sendiri. Pengaruh citra kota sendiri antara lain pada ekonomi lokal kota atau daerah itu sendiri, penyedia lapangan kerja bagi warganya, hingga pembeda kota itu sendiri dengan kota lain. Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Citra Kota Singkawang sebagai Kota Wisata di Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa dan bagaimana cara pengelolaan citra dan bagaimana citra pada suatu kota dapat terbentuk, dan bagaimana citra pada Kota Singkawang sebagai Kota Wisata dapat terbentuk. Teori yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah tiga komunikasi citra kota yaitu komunikasi primer, sekunder, dan tersier. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi disertai dengan wawancara mendalam. Objek penelitiannya adalah dinas pariwisata kota Singkawang sebagai pemerintah yang berkaitan dengan pariwisata dan budaya pada kota Singkawang. Hasil dari penelitian yang diteliti oleh penulis adalah kegiatan komunikasi primer yang dilakukan oleh pemerintah Singkawang berkaitan dengan melakukan desain, perayaan hari besar agama, monitoring, membangun infrastruktur, menambah fasilitas sarana dan prasarana yang menggambarkan citra kota. Sedangkan komunikasi sekunder dilakukan melalui iklan baliho, brosur, desain grafis, dan penggunaan logo dan slogan. Komunikasi tersier dilakukan dengan dengan cara komunikasi getok tular yang merupakan gabungan dari aktivitas komunikasi primer dan sekunder. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pada kota Singkawang, komunikasi citra primer yang terbentuk yaitu terdiri dari unsur infrastruktur, berupa pembangunan jembatan dan lain sebagainya. Komunikasi sekunder dalam pembentukan citra Kota Singkawang sebagai Kota wisata terjadi ketika Dinas Pariwisata Kota Singkawang membagikan informasi kepada khalayak umum menggunakan media website dan instagram. Pola komunikasi tersier terjadi ketika Dinas Pariwisata Kota Singkawang menyampaikan deskripsi dan event kepada pihak di luar anggota komunitas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Citra Kota; Singkawang; Kota Wisata; kesan seseorang; Teori komunikasi primer; Teori Komunikasi sekunder; Teori Komunikasi tersier
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:58
Last Modified: 10 Jan 2023 03:58
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item