Dampak Tayangan Youtube Tonight Show Premiere Terhadap Pembentukan Perilaku Berkomunikasi / Marcello Nathanael Wenur / 66180457 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y Johassan

Wenur, Marcello Nathanael (2022) Dampak Tayangan Youtube Tonight Show Premiere Terhadap Pembentukan Perilaku Berkomunikasi / Marcello Nathanael Wenur / 66180457 / Pembimbing: Deavvy M.R.Y Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Hadirnya teknologi yang semakin canggih memunculkan media-media baru yang mempermudah seseorang, khususnya media di era digital ini. Aplikasi yang menjadi kegemaran sekarang adalah Youtube hampir setiap orang menonton melalui aplikasi Youtube karena bisa kapan pun dan bisa di jeda ketika ada sesuatu. NET TV pun bergerak ke aplikasi Youtube karena melihat ada pasar yang besar, maka NET TV mengeluarkan produk yaitu Tonight Show Premiere. Tonight Show sendiri berawal dari tayangan talkshow yang ada di stasiun televisi NET TV. Dalam sebuah tayangan pasti memiliki dampak terhadap penontonnya terutama pembentukan perilaku dalam berkomunikasi, seseorang yang menonton sebuah tayangan secara terus-menerus akan membuat seseorang terpengaruh untuk mengikuti apa yang dia tonton. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti dampak tayangan Youtube Tonight Show Premiere terhadap pembentukan perilaku berkomunikasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori S-O-R (Stimulis Organism Response). Dalam menunjukkan bahwa Komunikasi adalah proses reaksi-aksi. Dengan kata lain, teori ini berpendapat bahwa kata-kata tertentu, isyarat nonverbal, simbol membuat orang lain bereaksi dengan cara tertentu. Teori ini menyatakan bahwa perilaku dapat berubah jika Stimulis (rangsang) yang diberikan benar-benar melebihi dari Stimulis sebelumnya. Stimulis yang dapat melebihi Stimulis sebelumnya maka harus diberikan Stimulis yang dapat meyakinkan Organisme. Pesan yang disampaikan kepada komunikan memiliki kemungkinan dimana akan diterima atau ditolak. Objek penelitian ini adalah dampak tayangan Youtube Tonight Show Premiere. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan kuisioner. Kuisioner disebarkan kepada 100 Responden yang mensubscribe Youtube Tonight Show Premiere dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil dan penelitian menunjukkan bahwa adanya dampak tayangan Youtube Tonight Show Premiere terhadap pembentukan perilaku berkomunikasi dengan 3 dimensi sebagai indicator dimensi yaitu Frekuensi, Atensi, dan Durasi. Frekuensi dalam menonton acara Tonight Show Premiere, atensi atau memperhatikan acara Tonight Show Premiere, dan durasi dalam menonton acara Tonight Show Premiere membentuk perilaku berkomunikasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dampak tayangan Youtube Tonight Show Premiere berpengaruh terhadap pembentukan perilaku berkomunikasi dari berbagai factor yaitu frekuensi, atensi, dan durasi yang memiliki dampak dari tiga dimensi ini dan juga membuktikan bahwa adanya dampak tayangan terhadap pembentukan perilaku berkomunikasi dari menonton acara Youtube Tonight Show Premiere.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Dampak Tayangan; Youtube; Teori Stimulis Response; Program Acara; Tonight Show Premiere; NETTV
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting
H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 17 Mar 2023 07:09
Last Modified: 17 Mar 2023 07:09
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4676

Actions (login required)

View Item View Item