Pengaruh Dimensi Pemasaran Konten Melalui Media Sosial Instagram terhadap Citra Merek Tokopedia di Jakarta Utara / Erit Zanlex / 22190086 / Pembimbing: Tony Sitinjak

Zanlex, Erit (2023) Pengaruh Dimensi Pemasaran Konten Melalui Media Sosial Instagram terhadap Citra Merek Tokopedia di Jakarta Utara / Erit Zanlex / 22190086 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (750kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (623kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (775kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya era digitalisasi terutama pemasaran konten melalui media social Instagram saat ini menjadi salah satu cara yang banyak digunakan perusahaan untuk meningkatkan citra merek perusahaan. Pemasaran konten melalui Instagram saat ini memiliki pengaruh yang sangat baik bagi perusahaan, terutama setelah terjadinya pandemic pemasaran konten menjadi media pemasaran yang paling diminati salah satu yang menggunakan pemasaran konten adalah Tokopedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pemasaran konten di Instagram dalam membangun citra merek Tokopedia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai pemasaran konten sebagai variable independen yang dijabarkan menjadi 5 variabel berdasarkan teori dari Karr yaitu reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factors serta citra merek sebagai variabel dependen. Objek penelitian ini adalah Tokopedia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan google form. Jumlah sampel sebanyak 145 responden dan teknik pengambilan sampel ialah non-probability dengan jenis Judgement sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software WarpPls 7.0. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dimensi pemasaran konten reader cognition, sharing motivation, decision making, berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek Tokopedia, sedangkan untuk dimensi persuasion dan life fator memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap citra merek. Saran yang dapat diberikan untuk Tokopedia adalah untuk lebih memperhatikan konten yang mereka tampilkan dan dapat terus meningkatkan konten serta menjaga nilainilai dalam konten. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat mengupas lebih dalam lagi mengenai pemasaran konten Tokopedia yang dapat diteliti dengan variable lainnya seperti terutama dalam elemen branding (brand aware, brand interest, brand identity, etc).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaraan Konten; Citra Merek; Media Sosial; Instagram; Marketplace; Tokopedia; reader cognition; sharing motivation; persuasion; decision making; life factors
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:05
Last Modified: 27 Jun 2023 04:05
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item