Efek Mediasi Citra Merek pada Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Beli Produk Somethinc (Studi Kasus pada Followers Akun TikTok @somethincofficial) / Fellysia / 25190005 / Pembimbing: Bilson Simamora

Fellysia, Fellysia (2023) Efek Mediasi Citra Merek pada Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Beli Produk Somethinc (Studi Kasus pada Followers Akun TikTok @somethincofficial) / Fellysia / 25190005 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (870kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Media sosial dianggap sebagai platform yang sangat tepat dalam penyampaian electronic word of mouth terkait produk, layanan, dan merek dengan pengguna lainnya. Salah satu media sosial yang dapat menimbulkan electronic word of mouth adalah TikTok. Komunikasi electronic word of mouth yang terjadi melalui akun TikTok @somethincofficial dapat mempengaruhi pandangan konsumen mengenai citra merek suatu perusahaan dan akan berdampak pada niat beli konsumen. Namun, masih terbatasnya penelitian yang menggunakan TikTok dalam konteks penelitian di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan penelitian bagaimana efek mediasi citra merek pada pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli produk Somethinc. Penelitian ini mereplikasi model penelitian Residona (2019) pada konteks yang berbeda. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth, citra merek, dan niat beli. Obyek penelitian ini adalah Somethinc. Data dikumpulkan menggunakan teknik komunikasi dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk Google Forms kepada 183 responden yang direkrut dengan teknik judgement sampling. Data diolah menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Modeling) dengan bantuan WarpPLS 8.0. Penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek mampu memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli. Perusahaan disarankan untuk meningkatkan electronic word of mouth pada akun TikTok @somethincofficial dengan cara membenahi dan mengoptimalkan akun TikTok @somethincoffcial guna memberikan informasi yang lengkap mengenai produk Somethinc serta melakukan inovasi terhadap desain packaging. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth; Citra Merek; Niat Beli; Media Sosial; TikTok; Produk Somethinc
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:28
Last Modified: 25 Jun 2024 08:28
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4954

Actions (login required)

View Item View Item