Fellysia, Fellysia (2023) Efek Mediasi Citra Merek pada Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Niat Beli Produk Somethinc (Studi Kasus pada Followers Akun TikTok @somethincofficial) / Fellysia / 25190005 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (870kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (730kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (524kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (773kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Media sosial dianggap sebagai platform yang sangat tepat dalam penyampaian electronic word of mouth terkait produk, layanan, dan merek dengan pengguna lainnya. Salah satu media sosial yang dapat menimbulkan electronic word of mouth adalah TikTok. Komunikasi electronic word of mouth yang terjadi melalui akun TikTok @somethincofficial dapat mempengaruhi pandangan konsumen mengenai citra merek suatu perusahaan dan akan berdampak pada niat beli konsumen. Namun, masih terbatasnya penelitian yang menggunakan TikTok dalam konteks penelitian di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan penelitian bagaimana efek mediasi citra merek pada pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli produk Somethinc. Penelitian ini mereplikasi model penelitian Residona (2019) pada konteks yang berbeda. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah electronic word of mouth, citra merek, dan niat beli. Obyek penelitian ini adalah Somethinc. Data dikumpulkan menggunakan teknik komunikasi dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk Google Forms kepada 183 responden yang direkrut dengan teknik judgement sampling. Data diolah menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Modeling) dengan bantuan WarpPLS 8.0. Penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap citra merek, electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, citra merek mampu memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap niat beli. Perusahaan disarankan untuk meningkatkan electronic word of mouth pada akun TikTok @somethincofficial dengan cara membenahi dan mengoptimalkan akun TikTok @somethincoffcial guna memberikan informasi yang lengkap mengenai produk Somethinc serta melakukan inovasi terhadap desain packaging. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook, Twitter.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth; Citra Merek; Niat Beli; Media Sosial; TikTok; Produk Somethinc |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 08:28 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:28 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4954 |
Actions (login required)
View Item |