Supriyatno, Christianus Adityo (2024) Faktor – Faktor Celebrity Endorser JKT48 yang Mempengaruh Niat Beli terhadap Produk Erigo / Christianus Adityo Supriyatno / 27190405 / Pembimbing: Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (745kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (655kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (371kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (508kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Celebrity endorser merupakan seorang individu yang dikenal oleh masyarakat luas serta menggunakan pengakuan tersebut untuk tampil bersamaan dengan nama barang konsumsi dalam satu iklan. Produk Erigo melakukan endorse melalui celebrity endorser JKT48. Belum diketahui apakah JKT48 berpengaruh terhadap keberhasilan produk Erigo. Oleh karena itu masalah penelitian ini adalah apaakh dengan menggunakan celebrity endorser JKT48 dapat mempengaruhi niat beli terhadap produk Erigo. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah reference group yang menyatakan setiap orang atau kelompok yang dianggap sebagai dasar perbandingan atau rujukan bagi seseorang dalam membentuk nilai-nilai dan sikap umum atau pedoman khusus bagi perilaku. Reference group akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan pengetahuan mengenai produk sehingga dapat mempengaruhi niat beli. Responden dalam penelitian ini yakni followers Instagram Erigo dan JKT48. Teknik pengambilan dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online dengan menggunakan google form dengan sample sebanyak 155 responden. Teknik analisis data yang analisis Structural Equation Modeling (SEM). Data diolah menggunakan WarpPLS 7.0 dan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visibility tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli, credibility memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, attractiveness tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli dan power memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan yakni perusahaan harus memilih seorang endorser yang tepat. Pemilihan endorser yang tepat dapat mempengaruh niat beli karena dapat meningkatkan niat beli produk yang ditawarkan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Visibility; Credibility; Attractiveness; Power; Niat Beli; Celebrity Endorser; JKT48; Produk Erigo |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Advertising H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:14 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:14 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5230 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |