Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Marketplace Shopee / Reuvan Suhendra / 26190518 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih

Suhendra, Reuvan (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Marketplace Shopee / Reuvan Suhendra / 26190518 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (481kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (946kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Teknologi digitalisasi bertumbuh sangat cepat di zaman sekarang ini. Penggunaan internet secara real time memudahkan pengguna untuk melakukan beberapa kegiatan wirausaha berlandaskan e-commerce. Kegiatan e-commerce berbasis internet memiliki beberapa keunggulan dalam hat memberikan infonnasi secara cepat, yang menyebabkan lonjakan pemakai internet pada setiap waktunya. Manfaat e-commerce yang dimungkinkan oleh internet termasuk penghapusan hambatan fisik dan peningkatan efisiensi, kenyamanan, dan kecanggihan transaksi bisnis global yang sebelumnya dibatasi olehjarak dan waktu. Masalah terbesar dengan fitur e-commerce untuk bisnis adalah karena Online Customer Review pada dasarnya adalah electronic word of mouth (eWOM), itu kurang bisa dikontrol. Tetapi, karena online customer review serta rating lebih jujur, ini cenderung bermanfaat untuk konsumen. Melihat hal ini, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Marketplace Shopee". Teori yang ada di dalam penelitian ini adalah online customer review, online customer rating dan niat beli. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis variabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen. Yang termasuk dalam variabel independen adalah online customer review dan online customer rating. Sedangkan yang termasuk dalam variabel dependen adalah niat beli. Objek penelitian ini adalah marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 26. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner melalui google form kepada 165 sampel konsumen marketplace Shopee sebagai respondennya. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara non-probability sampling dengan teknik judgement sampling dengan kriteria konsumen yang pernah berbelanja produkfashion di Shopee. Setelah melakukan pengujian, peneliti mendapatkan hasil dari uji-T menunjukan variabel online customer review mendapatkan basil sig .000 yang mana lebih kecil dari 0.05, dan untuk variabel online customer rating mendapatkan hasil sig .371 yang mana lebih besar dari 0.05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli produkfashion di Shopee sedangkan online customer rating terbukti tidak berpengaruh terhadap niat beli produkfashion di Shopee.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review; Online Customer Rating; Niat Beli; Produk Fashion; Marketplace; Shopee
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > E-Commerce
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:32
Last Modified: 06 Feb 2025 03:32
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item