Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Tokopedia / Gilberd Japind / 76190275 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih

Japind, Gilberd (2024) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Marketplace Tokopedia / Gilberd Japind / 76190275 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (850kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (987kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (707kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi mempengaruhi gaya berbelanja masyarakat dari offline menjadi online. Berkembang pesatnya marketplace memudahkan masyarakat untuk berbelanja secara online. Salah satu marketplace besar di Indonesia yaitu Tokopedia. Sebelum konsumen membeli produk secara online, mereka terlebih dahulu mencari informasi terkait produk tersebut untuk mengurangi ketidakpastian dan risiko. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui melihat review dan rating yang konsumen lain berikan terhadap produk tersebut. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah definisi dari online customer review, online customer rating, dan keputusan pembelian. Kemudian didukung oleh mengenai hubungan antara online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian. Objek dalam penelitian ini adalah Tokopedia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik komunikasi dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form yang dibagikan kepada 100 responden konsumen dan pernah melakukan belanja secara online di marketplace Tokopedia pada waktu 3 bulan terakhir. Alat ukur dalam penelitian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, skala likert, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda dengan alat bantu software SPSS 26. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan pendekatan judgement sampling. Hasil penelitian ini yaitu terbukti online customer review berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia dan online customer rating berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan penelitian ini adalah semua hipotesis yang ada telah terbukti memiliki pengaruh positif. Penulis menyarankan agar Tokopedia dapat mempertahankan kredibilitas customer review dan rating yang sudah ada sebagai salah satu fitur yang dapat memberikan informasi dan kenyamanan kepada pelanggan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review; Online Customer Rating; Keputusan Pembelian; Marketplace; Tokopedia
Subjects: H Social Sciences > HI Business > Business – Communication
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:49
Last Modified: 29 Apr 2025 03:49
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item