Ryo, Finendro (2024) Pengaruh Pemasaran Hijau terhadap Loyalitas Konsumen melalui Citra Merek sebagai variable Mediasi pada Konsumen Layanan Gojek DI Jakarta Utara / Ryo Finendro / 74200204 / Pembimbing: Rizqy Aziz Basuki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (615kB) |
![]() |
Text
BaB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (755kB) |
![]() |
Text
BAB II - KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (642kB) |
![]() |
Text
BAB IV - HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
![]() |
Text
BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (446kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (572kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN RESUME.pdf - Published Version Download (529kB) |
Abstract
Jakarta Utara, sebagai pusat kegiatan ekonomi dan transportasi di Indonesia, mengalami pertumbuhan pesat dan transformasi signifikan. Dengan kemudahan akses terebut pengguna ojek Online. Khususnya layanan ojek Online yang disediakan oleh Gojek, telah menjadi salah satu opsi transportasi yang paling populer di kalangan warga Jakarta Utara. Sementara itu Jakarta Utara juga menghadapi isu serius terkait polusi udara yang memperparah kondisi lingkungan. Dalam penelitian melibatkan analisis terhadap dampak pemasaran hijau terhadap loyalitas konsumen melalui citra merek perusahaan Gojek, dengan harapan dapat memastikan adanya pengaruh pemasaran hijau terhadap loyalitas konsumen dengan citra merek sebagai variabel mediasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemasaran hijau, citra merek, loyalitas pelanggan. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 yakni variabel independen, variabel dependen dan variabel mediasi. Pada penelitian ini variabel independennya adalah Pemasaran Hijau, variabel dependennya adalah Loyalitas Pelanggan, variabel mediasi adalah citra merek. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah kuantitatif dengan membagikan angket kepada responden yang telah memenuhi syarat tertentu. Teknik pengambilan sampel riset ini menggunakan nonprobability sampling dengan jenis metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam riset ini adalah 120 responden. Objek riset penelitian ini adalah perusahaan Gojek sebagai penyedia layanan trasnportasi. Metode pengumpulan data dengan bantuan kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan ialah Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini membuktikan bahwa pemasaran hijau memberikan pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Dan pemasaran hijau memiliki pengaruh signifikan terhadap citra merek. Namun citra merek tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas. Dan citra merek juga tidak memberikan pengaruh signifikan sebagai mediasi pada pemasaran hijau terhadap loyalitas konsumen. Kesimpulan penelitian ini adalah Citra merek tidak memberikan pengaruh signifikan sebagai mediasi pada pemasaran hijau terhadap loyalitas konsumen layanan Gojek di Jakarta Utara. Kata Kunci: Pemasaran Hijau, Citra Merek, Loyalitas Konsumen
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Hijau, Citra Merek, Loyalitas Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Pricing (Marketing) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing |
Depositing User: | Rijal Zaenal Abidin |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:32 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 08:32 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |