Liwang, Patricia Angelia (2019) Akomodasi Komunikasi Pemain Online Game Player Unknowns Battle grounds Mobile di Jakarta / PATRICIA ANGELIA LIWANG / 64150365 / Pembimbing : Deavvy M.R.Y. Johassan. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
1 COVER.docx - Accepted Version Download (46kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.docx - Accepted Version Download (28kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.docx - Accepted Version Download (32kB) |
|
Text
4 KATA PENGANTAR.docx - Accepted Version Download (31kB) |
|
Text
5 DAFTAR ISI (daftar tabel dan daftar gambar).docx - Accepted Version Download (35kB) |
|
Text
BAB 1.docx - Accepted Version Download (38kB) |
|
Text
BAB 2 ok.doc - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
BAB 3.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB 4.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
BAB 5.docx - Accepted Version Download (30kB) |
|
Text
6 DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (34kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 PEDOMAN WAWANCARA.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
Abstract
Salah satu bentuk media sosial yang saat ini sedang populer dalam masyarakat adalah virtual game world atau dikenal dengan online game. Seperti pada permainan online PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile yang mempertemukan pemain dari seluruh dunia dengan interaksi real-time. Pemain PUBG Mobile bertemu dengan orang yang tidak dikenal di arena yang tidak diketahui kondisinya, sehingga membutuhkan penyesuaian untuk memainkannya. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana akomodasi komunikasi pemain dalam PUBG Mobile. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori akomodasi komunikasi Howard Giles. Teori ini menyatakan bahwa ketika dua orang berbicara mereka kerap meniru omongan tingkah laku lawan bicaranya. Proses akomodasi dilakukan berdasarkan strategi konvergensi, divergensi, atau akomodasi berlebihan (overaccommodation). Peneliti melakukan penelitian terhadap para pemain PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile ketika memainkan permainan dalam bentuk tim/ kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model deskriptif. Penggunaan model deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis temuan peneliti selama proses penelitian. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi terhadap para informan. Pengumpulan data dilakukan lewat wawancara mendalam (in-depth interview), observasi partisipatif terhadap keempat informan, juga dokumentasi berupa video hasil observasi dan buku teks yang dianalisis dengan teknik analisis Spradley. Melalui analisis peneliti, peneliti dapat mengetahui akomodasi komunikasi pemain dalam permainan Player Unknown’s Battlegrounds Mobile. Akomodasi pada pemain PUBG Mobile merupakan hasil pemahaman pemain terhadap anggota timnya dengan memutuskan untuk menggunakan strategi konvergensi, divergensi atau akomodasi berlebihan. Pengaplikasian strategi tersebut terbagi dalam empat asumsi yaitu persamaan dan perbedaan cara bicara dan perilaku komunikasi pemain, pendekatan dalam memahami cara bicara dan perilaku komunikasi pemain, bahasa dan tingkah laku pemain dan derajat kepantasan dan norma pemain. Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa akomodasi komunikasi pemain dalam permainan Player Unknown’s Battlegrounds Mobile terjadi sesuai konsep teori akomodasi komunikasi. Akomodasi yang pertama merupakan akomodasi persamaan dan perbedaan cara bicara dan perilaku komunikasi pemain dengan strategi konvergensi. Akomodasi yang kedua merupakan pendekatan dalam memahami cara bicara dan perilaku komunikasi pemain dengan strategi divergensi. Kemudian akomodasi yang ketiga adalah akomodasi bahasa dan tingkah laku pemain dalam permainan yang juga dengan strategi divergensi. Yang terakhir akomodasi yang keempat adalah akomodasi derajat kepantasan dan norma pemain menggunakan strategi akomodasi berlebihan atau overaccommodation dalam bentuk sensory overaccommodation, dependency overaccommodation, dan intergroup overaccommodation.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Non Verbal; Game Online; PUBG |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 04:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 07:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/115 |
Actions (login required)
View Item |