Michelle, Michelle (2017) Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Konsep Diri Mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie / Michelle / 68130433 / Pembimbing : Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (747kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN (CLOSED).pdf - Published Version Download (899kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (947kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (829kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi telah membawa pengaruh terhadap kemajuan komunikasi saat ini. Pertumbuhan pesat dari teknologi komunikasi ditandai dengan munculnya ponsel pintar dimana jejaring sosial merupakan bagian di dalamnya. Media sosial seperti Instagram adalah salah satu yang paling diminati oleh para pengguna ponsel pintar di era digital ini. Media sosial Instagram yang biasanya digunakan untuk mengunggah foto dan video, membuat pemilik akun memunculkan gambar dirinya. Sehingga hal tersebut akan mempengaruhi seseorang dalam pembentukan konsep dirinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi antarpribadi yang didalamnya membahas tentang konsep diri. Media baru itu sendiri adalah internet yang di dalamnya terdapat media sosial. Sedangkan konsep diri membahas tentang sebuah pandangan atau persepsi seseorang tentang dirinya sendiri, dimana konsep diri terbentuk bukan hanya karena pikirannya sendiri melainkan karena adanya interaksi dengan orang lain dan dorongan dari lingkungan sehingga memberikan pengaruh kepada seseorang dalam bertindak di dalam kehidupannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis survei explanatif. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk pengumpulan data dimana kuisioner dibagikan kepada mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie yang aktif menggunakan media sosial Instagram. Kemudian hasil dari penyebaran kuisioner tersebut diolah dalam coding sheet menggunakan SPSS 20.0. Dengan analisis menggunakan SPSS 20.0, didapatkan hasil bahwa media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan konsep diri seseorang. Hal tersebut dapat dilihat dari uji T yang memiliki nilai alpha 0,001 < 0,005, sehingga memberi hasil dimana Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh secara signifikan antara variabel media sosial Instagram terhadap variabel Konsep Diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media sosial Instagram memberikan pengaruh terhadap pembentukan konsep diri mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie sebesar 10,9%. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembentukan konsep diri mahasiswa Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie dipengaruhi tidak hanya melalui media sosial Instagram tetapi juga melalui faktor yang lainnya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial; Komunikasi Interpersonal; Interaksi Sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 04:32 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 04:32 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1516 |
Actions (login required)
View Item |