Susilo, Gracia (2016) Rencana Bisnis Pendirian Usaha “G – Laundry” di Padang, Sumatera Barat / Gracia Susilo / 21110225 / Pembimbing : Hanes Riady. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
G – Laundry merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang penyediaan jasa cucian atau lebih dikenal dengan laundry. Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga gaya hidup masyarakat saat ini. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya permintaan terhadap segala sesuatu yang serba cepat dan praktis. Oleh karena itu, menimbulkan peluang usaha yang mampu memenuhi permintaan masyarakat apalagi yang terkait dengan hal – hal dalam kegiatan sehari – hari. Salah satu bisnis yang dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ini adalah bisnis laundry yang mana sangat berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Oleh karena itu, penulis memilih bisnis laundry yang menyediakan layanan jasa mencuci pakaian yang sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kebanyakan masyarakat menginginkan sesuatu yang praktis termasuk mencuci pakaian. Bermacam – macam alasan yang menyebabkan kondisi bisa jadi seperti ini. Seperti orang kantoran yang dari pagi sampai malam sudah disibukkan dengan pekerjaan kantor, sehingga menjadikan orang katoran menyerahkan cuciannya di tempat laundry. Selain itu, banyak mahasiswa/i yang tidak dapat menyisihkan waktunya untuk mencuci pakaian, khususnya para mahasiswa/i yang sibuk dengan tugas dan aktivitas dari kampus mereka, sehingga mereka memilih jasa laundry untuk mengatasi masalah mereka. Sasaran pasar G – Laundry terbagi atas segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Berdasarkan segmentasi geografis, sasaran G – Laundry adalah segmen masyarakat Padang dan sekitarnya. Berdasarkan segmentasi demografis, sasaran G – Laundry adalah mahasiswa/i, yaitu rata – rata pada umur 18 tahun s.d 23 tahun dan para pekerja yang sibuk yaitu rata – rata berusia 23 ke atas. Selanjutnya, berdasarakan segmnetasi psikografis, sasaran G – Laundry adalah masyarakat yang memiliki gaya hidup sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusi masalah rumah tangga dan menginginkan kepraktisan. Terakhir, segmentasi perilaku, sasaran G – Laundry adalah konsumen berdasarkan manfaat yaitu pengalaman yang didapatkan oleh konsumen setelah mengunjungi G – Laundry sehingga dapat memberikan respon yang positif. Penetapan harga yang dilakukan oleh G – Laundry adalah penetapan harga berdasarkan persaingan. Investasi awal untuk usaha G – Laundry adalah Rp 250.000.000,00 dan sumber dana seluruhnya berasal dari modal pribadi. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan penilaian kelayakan investasi adalah layak dengan menghasilkan NPV sebesar Rp 268.365.785,00. Penilaian investasi perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dilakukan dengan mengitung Profitability Index yaitu sebesar 2,07, dengan kesimpulan layak dijalankan karena nilainya lebih besar dari satu. Selain itu diketahui periode pengembalian investasi selama 2 tahun 8 bulan 14 hari. Tingakat pengembalian suku bunga pun cukup baik, yaitu 36,48% bila dibandingkan dengan suku bunga kredit Bank BRI sebesar 11,25% dan, sehingga bisnis ini merupakan bisnis yang layak untuk dijalankan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi; Biisnis Laundry |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 10 May 2021 01:44 |
Last Modified: | 10 May 2021 01:44 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1824 |
Actions (login required)
View Item |