Simin, Stefani (2017) Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Melalui Kepuasan Mahasiswa Terhadap Loyalitas Mahasiswa / Stefani Simin / 65130050 / Pembimbing : Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (751kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version Download (973kB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version Download (532kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (423kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (Pernyataan Originalitas)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Resume)
RESUME.pdf - Published Version Download (933kB) |
Abstract
Saat ini perkembangan perekonomian dan kemajuan teknologi telah mendorong pertumbuhan sektor jasa. Sekarang ini, jumlah perguruan tinggi semakin banyak dan mereka bersaing ketat dengan cara menawarkan berbagai jenis layanan pendidikan yang bermutu tinggi. Khususnya dalam bidang layanan administrasi akademik. Oleh karena itu, jika tercapai kepuasan maka akan terbentuk kesetiaan yang nantinya akan dapat ikut membantu pemasaran perguruan tinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada 3, yaitu teori behaviorisme sebagai grand theory, teori stimulus–respon sebagai middle theory, dan teori pertukaran sosial sebagai applied theory. Teori behaviorisme menjelaskan prinsip–prinsip dan kaidah– kaidah bagaimana tingkah laku manusia dipelajari. Hal ini dijelaskan lebih dalam pada teori stimulus–respon, arti secara singkatnya adalah merangsang dan menimbulkan reaksi cepat, lalu manusia akan mencari keuntungan yang dijelaskan pada teori pertukaran sosial. Keuntungan yang dimaksud akan meningkatkan kepuasan dan berdampak pada loyalitas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan survei eksplanatori. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa aktif di Perbanas Institute dan Kalbis Institute program studi manajemen dan akuntansi tahun angkatan 2016. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel non-probabilitas yang menggunakan sampling aksidental. Hasil data kuesioner yang telah dibagikan kepada responden mendapatkan hasil yang valid dan reliable. Peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan SmartPLS 2.0. Didapatkan bahwa kualitas layanan administrasi akademik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (71,7%), dan kualitas layanan administrasi akademik melalui kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa (60,3%). Berdasarkan hasil pengolahan data, kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang cukup besar antara kualitas layanan administrasi akademik (SERVQUAL) melalui kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti memberikan beberapa saran dengan mengembangkan dari sisi akademis maupun praktis.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Produksi, Kontrol Kualitas; Kepuasan Konsumen; Perilaku Konsumen; Pemasaran-Komunikasi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM) H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Production Management > Quality Control H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 02:39 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 02:39 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |