Monica, Chella Revita (2017) Pengaruh Program The Remix di NET TV Terhadap Minat Menjadi Remixer di Kalangan Mahasiswa School of Creative Arts / Chella Revita Monica / 66130149 / Pembimbing: Rubiyanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (753kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
BAB II.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 3 Metode Penelitian)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version Download (692kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (724kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Resume)
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan program televisi di Indonesia semakin berkembang mengikuti zaman. Setiap stasiun televisi bersaing membuat program yang sukses dan disukai oleh masyarakat. Salah satunya adalah NET TV yang membuat program acara kompetisi remixer ditengah tren electronic dance music . NET TV pertama kali menayangkan program “The Remix” pada tahun 2015. Sukses dengan musim pertamanya, NET TV membuat musim kedua pada akhir tahun 2016. Setiap episodenya The Remix memberikan pertunjukan hasil lagu yang dibuat oleh para kontestannya. Konsep duet antara remixer dan penyanyi memang sedang banyak dilakukan saat ini di dunia musik internasional maupun nasional. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus respon. Teori ini menunjukan bahwa ada proses aksi (stimulus) dan reaksi (respon) secara sederhana. Teori ini dianggap sebagai proses pertukaran atau perpindahan informasi yang memberikan banyak efek. Setiap efek dapat mengubah tindakan komunikasi berikutnya. Dalam penelitian ini program The Remix menjadi stimulus yang diberikan kepada mahasiswa School of Creative Arts yang menonton program tersebut. Dan minat menjadi remixer adalah menjadi responnya. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif. Pada penelitian yang berjenis eksplanatif dilakukan pengujian untuk memperkuat atau menolak teori atau hipotesis dari hasil penelitian yang sudah ada. Penelitian ini mempunyai dua variabel, variabel independen dan variabel dependen. Program The Remix menjadi variabel independen dan minat menjadi variabel dependen. Sedangkan untuk pelaksanaan pengumpulan data yang akan dilakukan peneliti adalah dengan cara membagikan kuesioner atau angket kepada mahasiswa School of Creative Arts. Dalam penelitian ini ada beberapa pengujian yang dilakukan yaitu, uji validitas, uji relibilitas, uji normalitas, analisis korelasi, dan analisis regresi linier sederhana. Setelah melakukan penyebaran pra-kuesioner dan kuesioner peneliti mendapatkan hasil bahwa sebanyak 21 pertanyaan lulus uji valid dan relibilitas. Hasil lainnya penelitiannya uji normalitas penelitian ini berdistribusi normal. Melalui analisis korelasi didapatkan hasil sebesar 40,5% yang berarti korelasi antara kedua variabel cukup kuat. dan melalui analisis regresi linier didapatkan hasil sebesar 31,4% yang berarti adanya peningkatan minat terhadap profesi remixer pada mahasiswa School of Creative Arts sebesar 31,4% setelah menonton Program The Remix. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh program The Remix terhadap minat menjadi remixer di kalangan mahasiswa School of Creative Arts sebesar 31,4%. Peneliti pun mempunyai saran dari hasil penilitian ini untuk pihak NET TV yang membuat program The Remix, mahasiswa School of Creative Arts, dan bagi peneliti selanjutnya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Broadcasting; Cinematografi; Gambar Hidup-Program Televisi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 07:06 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 07:06 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/2168 |
Actions (login required)
View Item |