Chandra, Christy Immanuel (2013) Pendekatan Komunikasi Antarpribadi antara Guru Kursus Musik dengan Murid Special Needs (Autisme) Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Musik Modern Kawai Jakarta / Christy Immanuel Chandra / 61080528 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (868kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (976kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada hakikatnya manusia adalah mahkluk sosial. Dalam interaksinya sebagai mahkluk sosial itulah terjadi proses komunikasi. Dalam prosesnya, komunikasi tentu memiliki hambatan. Namun bagaimana bila hambatan tersebut merupakan hambatan mendasar yang terjadi pada aspek kognitif suatu individu, seperti yang dialami oleh murid-murid yang terdiagnosa autis di Sekolah Musik Modern Kawai. Akan tetapi, disatu sisi mereka dapat menguasai kemampuan bermusik yang baik. Untuk melihat proses komunikasi yang melibatkan murid-murid autis, penelitian ini menggunakan konsep komunikasi antarpribadi, dimana didalamnya terdapat strategi-strategi kendali komunikasi menurut Miller dan Steinberg. Terdapat lima strategi kendali yang mereka jelaskan, yakni strategi wortel teruntai, strategi pedang tergantung, strategi katalisator, strategi kembar siam dan strategi dunia khayal. Selain itu penelitian ini juga membahas mengenai peran komunikasi verbal dan nonverbal dalam penerapan strategi-strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan karakteristik yang deskriptif. Jenis data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Teknik analisa yang digunakan dalam menganalisa data yang dikumpulkan adalah teknik analisa data menurut Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dalam berkomunikasi dengan murid autis, diperlukan inisiatif awal untuk melakukan pendekatan terlebih dahulu. Kita dapat membuka diri terlebih dahulu kepada murid autis, dengan demikian hubungan yang kita miliki dapat berkembang. Setelah hubungan berkembang menjadi hubungan antarpribadi, kita dapat menerapkan strategi-strategi kendali komunikasi yang dirasa efektif dalam mengendalikan murid autis yang bersangkutan. Komunikasi verbal juga merupakan hal yang utama dalam berinteraksi dengan mereka, hanya saja perlu dukungan yang sepadan melalui komunikasi nonverbal yang kita kirimkan. Karena kedua komunikasi tersebut saling mendukung dan menguatkan. Strategi kendali komunikasi yang paling sering diterapkan melalui komunikasi verbal dan nonverbal dalam kegiatan belajar mengajar di Sekolah Musik Modern Kawai adalah strategi wortel teruntai dan strategi pedang tergantung, meskipun tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan strategi katalisator bagi murid-murid autis tertentu yang sudah kita kenali lebih dalam akan kepribadiannya.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi; Komunikasi Antarpribadi; Mahkluk sosial; Kegiatan Belajar Mengajar, Guru, Kursus Musik; Autis; Strategi kendali komunikasi menurut Miller dan Steinberg |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Verbal Communication |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 02:14 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 02:14 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3523 |
Actions (login required)
View Item |