Decyntia, Decyntia (2016) Etnografi Komunikasi Komunitas Fujoshi di Indonesia dalam Melakukan Kegiatan Shipping / Decyntia / 63120195 / Pembimbing: Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (743kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version Download (739kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (426kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (719kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version Download (924kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas etnografi komunikasi di komunitas fujoshi di Indonesia yang dapat dibagi dalam 3 masalah utama. Pertama adalah penyebab seseorang tertarik menjadi fujoshi, kedua adalah etnografi komunikasi dalam kegiatan shipping sebagai sebuah peristiwa komunikasi, dan ketiga adalah konsep diri dan proses interaksi simbolik dalam kegiatan shipping. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi komunikasi dari Dell Hymes. Dalam etnografi komunikasi, peneliti merujuk pada peristiwa atau aktivitas komunikasi kelompok yang berulang (recurrent events), komponen komunikasi dari aktivitas komunikasi, kompetensi komunikasi, dan istilah linguistik yang digunakan. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode introspeksi, observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisa dokumen. Sementara untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis yang Creswell yaitu deskripsi, analisis, dan penafsiran. Hasil dari penelitian ini dibagi menjadi 3 berdasarkan masalah utama penelian. Pertama, seseorang tertarik menjadi fujoshi karena menemukan konten boys’ love yang menarik baginya serta visual karakter di komik genre boys’ love yang tampan. Kedua, shipping adalah kegiatan dimana fujoshi memasangkan 2 karakter pria dari karya fiksi dalam hubungan yang romantis. Hasil dari shipping dituangkan dalam bentuk ilustrasi, cerpen, dan komik pendek. Ketiga, adalah stratifikasi sosial di komunitas fujoshi dimana ada fujoshi yang dianggap memiliki derajat yang lebih tinggi ataupun lebih rendah. Penelitian ini menyimpulkan shipping sebagai sebuah peristiwa komunikasi adalah kegiatan yang kompleks, dimana dalam proses kegiatannya tidak hanya terjadi pada fujoshi sebagai individu tapi juga melibatkan seluruh komunitas fujoshi. Melalui kegiatan shipping, fujoshi mengembangkan sebuah kebudayaan unik tersendiri yang tidak ditemukan di kebudayaan komunitas lain. Key words:
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnografi Komunikasi; Komunitas; Fujoshi; Shipping; Boys’ love; Teori Dell Hymes |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 03:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 03:17 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3680 |
Actions (login required)
View Item |