Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan di Jakarta / Andrew Nicky Kurniawan / 70190479 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih

Kurniawan, Andrew Nicky (2023) Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan di Jakarta / Andrew Nicky Kurniawan / 70190479 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (836kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (601kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (536kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (836kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (909kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Tren gerai kopi terjadi secara masif dan berkelanjutan. Perkembangan ini ditandai dengan hadirnya banyak gerai kopi dengan konsep yang beragam. Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup baru seperti sistem kerja Work From Home (WFH) atau Work From Anywhere (WFA) menjadi cikal bakal bertumbuhnya bisnis gerai kopi. Di sisi lain, dalam hal ini secara khusus dilihat bahwa generasi muda juga memiliki ketertarikan yang besar untuk menjadikan gerai kopi sebagai tempat untuk berkumpul dan bercengkeramah. Berangkat dari pernyataan tersebut, setiap bisnis gerai kopi kemudian saling berlomba-lomba untuk dapat berkompetisi dalam rangka menjangkau lebih banyak pelanggan dan berusaha menawarkan nilai jual yang lebih baik daripada pesaing dilihat dari segi kepuasan pelanggan. Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor penting dan kunci keberhasilan, mengingat tingkat efektivitas dan efisiensi yang baik akan didapatkan dalam implementasinya. Selain itu, poin pembeda antar bisnis gerai kopi nampak dari bagaimana membangun karakteristik merek guna menciptakan persepsi yang baik di benak masyarkat. Oleh karena itu, penelitian ini diadakan bertujuan untuk melihat sejauh mana dampak implementasi teknologi melalui penggunaan media sosial dan citra merek terhadap terciptanya kepuasan pelanggan Kopi Kenangan di Jakarta. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah pemasaran media sosial, citra merek, dan kepuasan pelanggan. Adapun variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu variable bebas dan variabel terikat. Variabel bebas terdiri dari pemasaran media sosial dan citra merek. Sedangkan, variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Obyek penelitian ini adalah Kopi Kenangan di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Data penelitian didapatkan dari 100 sampel pelanggan Kopi Kenangan di Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling dan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan metode partial least square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa responden memberikan penilaian yang baik terhadap pemasaran media sosial, citra merek, dan kepuasan pelanggan. Pernyataan tersebut dinilai dari pemasaran media sosial dan citra merek yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemasaran media sosial dan citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial; Citra Merek; Kepuasan Pelanggan; Kopi Kenangan
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Internet Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:39
Last Modified: 06 Dec 2023 03:39
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/4911

Actions (login required)

View Item View Item