Chandra, Ericko Jonathan (2023) Rencana Pendirian Usaha The Fresh Water Aquatic di Jelutung Talang Jauh, Jambi / Ericko Jonathan Chandra / 70192017 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (614kB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (596kB) |
|
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (358kB) |
|
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (670kB) |
|
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (708kB) |
|
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (615kB) |
|
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (520kB) |
|
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
|
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (406kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (358kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (894kB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Rencana bisnis The Fresh Water Aquatic yaitu bisnis yang bergerak di penjualan ikan channa, dan peluang usaha ikan channa ini semakin besar dengan semakin banyaknya pencinta ikan hias dan kontes-kontes ikan channa di Indonesia. Nama The Fresh Water Aquatic adalah karena konsep bisnis ini yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, namun segala sesuatu seperti peletakan tank, kelistrikan, lampu, dan lain-lain yang ditata dengan rapi untuk memberikan kesan rapi dan suasana yang segar saat dipandang mata. Dengan ukuran usaha yang di golongkan sebagai usaha kecil dengan perkiraan omset yang tidak lebih dari satu miliar, dan struktur organisasi sederhana yang terdiri dari satu manajer, satu staf keuangan, satu staf pemeliharaan dan perawat ikan channa, dan staf kreatif. Penjualan yang dilakukan secara offline dan online (Pemasaran melalui media sosial Instagram, Facebook, Tik-Tok, dan WhatsApp). Dengan membawakan visi dari The Fresh Water Aquatic untuk dapat menjadi salah satu penjual ikan channa berkualitas yang dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia dan menyediakan beragam jenis channa dengan membawa misi menjual channa yang berkualitas dan sehat, memberikan pelayanan yang memuaskan dan menjalin hubungan baik terhadap setiap pembeli maupun pemasok. Mengharapkan agar bisnis ini dapat terus berjaya dan berjalan dengan baik kedepannya agar bisa mewujudkan visi tersebut. Analisis pesaing dilakukan dengan menggunakan Analisis PESTLE, Lima Kekuatan Persaingan Model Porter, Analisis Faktor-Faktor Kunci Sukses, dan Analisis Eksternal & Internal dengan Analisis SWOT. Perencanaan bisnis ini dibuat agar The Fresh Water Aquatic dapat mengatur strategi bisnis yang baik. Dalam membuat bisnis The Fresh Water Aquatic, kebutuhan dana untuk investasi awal yang dibutuhkan yaitu sebesar Rp 70.024.556 yang digunakan untuk pembelian peralatan dan perlengkapan, biaya air, listrik, pulsa, dan kebutuhan lain-lain. Untuk biaya investasi di dapatkan dari uang tabungan dan uang warisan yang diberikan orang tua. Analisis kelayakan juga dilakukan untuk mengetahui apakah usaha tersebut layak di jalankan atau tidak. Berdasarkan perhitungan analisis kelayakan Payback Period yang dapat dicapai dalam 1 tahun 3 bulan 3 hari, hasil dari Net Present Value yang hasilnya lebih besar dari 0 yaitu Rp170.983.094, hasil Profitabilty Index yang lebih besar dari 1 yaitu 3,441759051 dan penjualan The Fresh Water Aquatic yang lebih besar dari Break Event Point. Setelah melakukan analisis-analisis tersebut dapat disimpulkan jika The Fresh Water Aquatic layak untuk direalisasikan. The Fresh Water Aquatic dalam bisnisnya akan mengahadapi resiko yang bisa saja terjadi dalam jalannya bisnis tersebut seperti karyawan yang kurang ramah, belum dikenal banyak orang, biaya ikan yang sering berubah-ubah, dan banyaknya pesaing. Untuk itu menghindari resiko tersebut dapat dilakukan dengan membuat SOP yang tegas, agar di kenal banyak orang maka perlu dilakukan startegi pemasaran yang baik dan kedepannya belajar untuk membudidaya ikan channa secara mandiri agar dapat menstabilkan harga ikan channa.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rencana Bisnis; Ikan Hias Channa; Usaha Kecil; The Fresh Water Aquatic |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:49 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:49 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5062 |
Actions (login required)
View Item |