Implementasi the SOSTAC Marketing Communication Plan Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Sambal ABC Bawang Pedas PT. Heinz ABC Indonesia / Natasha Santoso / 69190274 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki

Santoso, Natasha (2023) Implementasi the SOSTAC Marketing Communication Plan Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Sambal ABC Bawang Pedas PT. Heinz ABC Indonesia / Natasha Santoso / 69190274 / Pembimbing: Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (775kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (841kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (513kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman bahasa, budaya, dan kuliner. Cita rasa kuliner Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara, hal ini ditunjukkan dengan kegemaran masyarakat Indonesia yang selalu menyertakan sentuhan rasa pedas didalam sajian makanannya. Banyak perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam industri makanan pelengkap kategori bumbu atau sambal (condiment) yang bersaing untuk menjadi pilihan utama masyarakat, namun perusahaan yang bertahan dalam menghadap persaingan pasar adalah dengan melakukan inovasi, terutama dalam pengembangan produk untuk menjawab kebutuhan, keinginan, dan aspirasi dari masyarakat yang disampaikan melalui strategi komunikasi pemasaran yang berfokus kepada konsumen sehingga tetap relevan dengan keadaan pasar. Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi the SOSTAC marketing communication plan sebagai strategi komunikasi pemasaran Sambal ABC Bawang Pedas PT. Heinz ABC Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori yang didasarkan pada komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan untuk mengembangkan aktivitas pemasaran perusahaan dan berkomunikasi dengan pelanggannya dengan menerapkan elemen dari promotional mix. Implementasi strategi komunikasi pemasaran dengan mengacu pada Konsep SOSTAC menurut Paul R. Smith pada tahun 2020 yang merupakan kerangka perencanaan untuk menyederhanakan perencanaan kampanye pemasaran dengan enam tahap yaitu analisis situasi (situation), objektivitas (objectives), strategi (strategy), taktik (tactics), pelaksanaan (action), pengendalian (controlling). Subjek penelitian ini adalah hasil dari implementasi Konsep SOSTAC dalam strategi komunikasi pemasaran New Product Development Sambal ABC Bawang Pedas. Desain penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi non partisipatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analysis interactive model oleh Miles dan Huberman pada tahun 2020. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa implementasi Konsep SOSTAC yang dilakukan oleh Heinz ABC melewati beberapa tahapan yang rinci dan dipertimbangkan dengan matang dengan bekerjasama dengan agensi VMLY&R dan beberapa departemen terkait seperti tim R&D, tim marketing, tim brand, shopper, tim consumer insight, tim e-commerce, dan tim food service. Setelah melewati proses tersebut, kampanye pemasaran dilakukan sesuai urutan promotional mix yang disepakati bersama hingga adanya tahap pengendalian atau evaluasi terkait kampanye tersebut. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan Konsep SOSTAC yang dilakukan Heinz ABC berhasil diterapkan dan mencapai Key Performance Indicator (KPI) yang telah direncanakan. ABC berhasil meraih market share tertinggi dalam value share penjualan nasional dalam penetrasi dari saus sambal.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Terpadu; Konsep SOSTAC; Sambal ABC Bawang Pedas; Heinz ABC
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Public Relations
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 28 Nov 2024 05:25
Last Modified: 28 Nov 2024 05:25
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item