Strategi Promosi Osbond Gym dalam Instagram terhadap Peningkatan Jumlah Member di Masa Pandemi Covid-19 / Ricky Senajaya Sugianto / 64180219 / Pembimbing: Siti Meisyaroh

Sugianto, Ricky Senajaya (2023) Strategi Promosi Osbond Gym dalam Instagram terhadap Peningkatan Jumlah Member di Masa Pandemi Covid-19 / Ricky Senajaya Sugianto / 64180219 / Pembimbing: Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (716kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (807kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (978kB)

Abstract

Perubahan dan penyesuaian yang terjadi akibat kemunculan Covid-19 mengikuti peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah yaitu PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Aturan ini berlaku bagi seluruh masyarakat termasuk para pelaku usaha/ pebisnis. Gym atau pusat kebugaran menjadi salah satu bisnis yang terdampak pandemi, namun setelah pemerintah mengkaji banyak hal dan mempertimbangkan, gym mulai boleh beroperasional kembali dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sejalan dengan peraturan tersebut, maka para pengusaha gym beserta tim mulai mempersiapkan langkah sebagai strategi yang akan digunakan untuk kembali menarik minat masyarakat untuk melakukan olahraga di indoor gym atau pusat kebugaran dalam ruangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi promosi Osbond Gym dalam Instagram terhadap peningkatan jumlah member di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi pemasaran dengan konsep Integrated Marketing Communication dimana promosi merupakan bagian dari komunikasi pemasaran terpadu yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller. Adapun teori lain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori digital marketing pada media sosial Instagram yang dikemukakan oleh Sugiarto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu Osbond Gym. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Osbond Gym memperhatikan tiga indikator yaitu pesan promosi, media promosi, dan waktu promosi. Sedangkan strategi promosi online yang dilakukan oleh Osbond Gym di Instagram memperhatikan tiga indikator penting yaitu konten, konsisten, dan komunitas. Osbond Gym dalam membuat konten promosi menggunakan tema yang sesuai yaitu seputar kebugaran, kesehatan, dan diet. Osbond Gym dalam mengunggah konten promosi dilakukan secara konsisten sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan menggunakan semua fitur Instagram seperti feeds, stories, reels, video, dan Instagram ads dalam mengoptimalkan promosi melalui Instagram. Osbond Gym dalam melakukan promosi melalui media sosial Instagram memiliki target yang dituju yaitu para millennials yang sudah pernah mengunjungi gym sebelumnya. Disarankan Osbond Gym membuat timeline yang lebih terstruktur dan sistematis yang memuat jadwal perencanaan konten promosi dan unggah konten promosi agar lebih fokus pada setiap periode nya. Osbond Gym juga disarankan untuk meningkatkan kecakapan sumber daya manusia yang lebih mumpuni dan menguasai bidang promosi agar aktivitas promosi dapat mencapai tujuan perusahaan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi; Instagram; Osbond Gym; Member; Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 02 Dec 2024 04:52
Last Modified: 02 Dec 2024 04:52
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item