Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo di Jakarta / Elsa Marcella / 77200162 / Pembimbing: Tony Sitinjak

Marcella, Elsa (2024) Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Uniqlo di Jakarta / Elsa Marcella / 77200162 / Pembimbing: Tony Sitinjak. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (994kB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (655kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan minat di dunia fashion sangat terlihat jelas di seluruh dunia salah satunya Indonesia. Ketertarikan dunia fashion tidak hanya berpihak kepada kalangan wanita namun kalangan pria pun menunjukkan ketertarikannya, tentu gaya/selera masyarakat berbeda-beda tergantung minat trend masing-masing. Uniqlo sebagai brand asal Asia berhasil menantang anggapan yang berlaku bahwa hanya perusahaan fashion barat yang menguasai industri fashion global. Uniqlo telah mengusung gagasan lifewear, yaitu pakaian sehari-hari yang berkualitas tinggi, modis, murah, dan nyaman. Pada Juni 2013, Uniqlo Lotte Shopping Avenue membuka gerai pertamanya di Indonesia. Uniqlo, yang terletak di pusat perbelanjaan kelas menengah ke atas di Jakarta, berhasil menarik perhatian pelanggan. Pemilihan kota Jakarta didasarkan pada kenyataan bahwa Jakarta merupakan kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah penduduk dengan total penduduk sebanyak 10.679.951 jiwa pada tahun 2022. Persaingan industri fashion di Indonesia membuat semua brand fashion kini harus bersaing menggunakan seluruh sumber daya yang mereka miliki. Tentunya semua industri fashion yang bersaing tersebut tidak bisa lepas dari perhatian terhadap unsur kualitas produk, promosi dan melakukan diferensiasi di berbagai aspek agar dapat menuntun konsumen untuk membeli produknya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengenai kualitas produk dan promosi sebagai variabel independen. Kemudian variabel dependen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian. Objek penelitian ini yaitu Uniqlo di Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode komunikasi yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden secara online dengan menggunakan media google forms yang berisikan pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan variabel-variabel penelitian kepada subjek penelitian dengan tujuan untuk memperoleh respon dan data atas penelitian yang dilakukan. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 105 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 27. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk memiliki nilai positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig <0,001 (Sig<0,05). Kemudian promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini menunjukkan bahwa variabel promosi memiliki nilai positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar <0,001 (Sig <0,05). Sehingga semua hipotesis dapat diterima. Saran yang diberikan untuk Uniqlo dapat lebih memperhatikan kualitasnya dari segi bahan yang dijual dan lebih memperkenalkan produk yang dijual dengan cara sponsorship serta dapat memberikan diskon menarik pada produk Uniqlo. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah diharapkan dapat menggunakan ini sebagai bahan referensi dan perbandingan untuk menggunakan variabel lain dan mengembangkan lebih jauh model penelitian ini.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian; Fashion; Produk Uniqlo
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Branding (Marketing)
H Social Sciences > HI Business > Business Research
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:32
Last Modified: 03 Jul 2025 04:32
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5440

Actions (login required)

View Item View Item