Marcello, Billy (2024) Rencana Bisnis Pendirian Usaha Minuman Susu Murni MilkyRush di Jakarta / Billy Marcello / 77200061 / Pembimbing: M. Budi Widiyo Iryanto. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (809kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (552kB) |
![]() |
Text
BAB II LATAR BELAKANG PERUSAHAAN.pdf - Published Version Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB III ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING.pdf - Published Version Download (657kB) |
![]() |
Text
BAB IV ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN.pdf - Published Version Download (603kB) |
![]() |
Text
BAB V RENCANA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN OPERASIONAL.pdf - Published Version Download (739kB) |
![]() |
Text
BAB VI RENCANA ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA.pdf - Published Version Download (489kB) |
![]() |
Text
BAB VII RENCANA KEUANGAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
![]() |
Text
BAB VIII ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB IX RINGKASAN EKSEKUTIF_REKOMENDASI.pdf - Published Version Download (424kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (471kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
MilkyRush adalah usaha yang bergerak di bidang food and beverage berbahan dasar susu segar dimana usaha tersebut akan menjual berbagai macam varian susu yang menarik yang dibuat secara handmade. Alasan penulis mendirikan usaha MilkyRush karena penulis memiliki ketertarikan terhadap minuman yang berbahan dasar susu murni dan juga adanya peluang untuk masuk kedalam pasar dan juga menjadikan inovasi usaha baru. MilkyRush berlokasi di Mangga Besar 7 no 4, Jakarta barat. MilkyRush berfokus untuk mengelola susu dengan kualitas yang baik dan menggunakan packaging yang bisa digunakan secara berulang. MilkyRush pada awalnya akan meluncurkan 4 varian rasa yaitu coklat, matcha, vanilla, dan strawberry. Visi MilkyRush hingga tahun 2035 akan menjadi penyedia minuman susu nomor satu di Indonesia dengan kualitas harga yang tinggi dan bergizi yang bisa di nikmati seluruh kalangan. MilkyRush memiliki tiga misi untuk mencapai visi tersebut yaitu menyediakan produk susu yang fresh dan berkualitas, memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen, dan menjaga kualitas minuman dan terus melakukan inovasi. Modal awal yang diperlukan oleh MilkyRush adalah sebesar Rp.62.845.060 yang digunakan sebagai kas awal, biaya peralatan, biaya perlengkapan, dan biaya bahan baku. MilkyRush masuk ke dalam kategori badan usaha kecil karena memiliki aset lebih dari Rp.50.000.000 dan kurang dari Rp.500.000.000. Perkembangan yang cukup pesat terjadi didalam dunia kuliner terutama bisnis dalam sector beverages atau minuman. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya tempat-bisnis yang mengusung minuman yang bervariasi. Saat ini banyak sekali bisnis minuman yang berkembang, sehingga dapat bersaing. MilkyRush juga tentunya akan mempersiapkan berbagai strategi promosi dengan cara membuat akun media sosial.Tentunya MilkyRush akan memanfaatkan segala fitur media sosialnya dengan mengiklankan produknya, membuat konten yang menarik berupa foto atau video untuk media sosialnya, melakukan endorsement dengan influencer, adanya giveaway, potongan harga, promo beli 1 gratis 1, dan lain-lain. Target pasar MilkyRush yaitu masyarakat daerah Jakarta Barat, dari anak – anak hingga dewasa baik laki – laki. MilkyRush memiliki diferensiasi produk susu dari pesaing dari segi bahan baku yang dimana MilkyRush menggunakan susu yang bebas Laktosa yang dimana dapat di konsumsi oleh orang yang alergi terhadap laktosa. MilkyRush menetapkan harga berdasarkan pesaing karena strategi ini cocok digunakan pada bidang kuliner. memiliki 2 tenaga kerja yang terdiri dari 1 manajer dan 1 karyawan. Selain itu, perencanaan bisnis ini dibuat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, segmentasi, dan menghitung nilai kelayakan bisnis MilkyRush. Dengan nilai Investasi awal sebesar Rp 62.845.060. Berdasarkan dari studi kelayakan, didapatkan payback period dapat dicapai dalam kurun waktu 3 tahun 9 bulan 19hari, NPV juga lebih besar dari 0, yang berarti NPV positif. Hasil PI MilkyRush sebesar 1,59 lebih besar dari 1,0, yang berarti PI positif dan usaha layak untuk dijalankan. Penjualan MilkyRush setiap tahunnya lebih besar dari nilai BEP. Untuk itu dapat dikatakan bisnis layak untuk dijalani. Serta dituliskan juga analisis dampak dan resiko usaha MilkyRush.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Milkyrush; Food And Beverage; Susu Murni; Rencana Bisnis |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business - Success H Social Sciences > HI Business > Business - Financial Success H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Entrepreneurship |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:02 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:02 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |