Patricia, Thalia (2024) Pengaruh Social Media Marketing dan Customer Relationship Management terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Mie Gacoan di Jakarta / Thalia Patricia / 70200303 / Pembimbing: Sylvia Sari Rosalina. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (659kB) |
![]() |
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (866kB) |
![]() |
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (648kB) |
![]() |
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (655kB) |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (449kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (525kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (869kB) |
![]() |
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Saat ini, ketergantungan masyarakat terhadap teknologi meningkat dan menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat. Berkembangnya teknologi mampu membawa masyarakat agar dapat beradaptasi sehingga berdampak kepada gaya hidup masyarakat saat ini terutama cenderung mencari informasi melalui internet dan media sosial. Media sosial merupakan salah satu media internet yang digunakan oleh masyarakat untuk mencari informasi yang dibutuhkan seperti berita, trend, dan lain – lainnnya. Pengaruh internet mampu meningkatkan suatu bisnis untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga meningkatkan keputusan pembelian. Dengan konten yang menarik dan informasi menarik seperti promo akan menjadi faktor penting untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, tujuan penulis dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Social Media Marketing dan Customer Relationship Management Terhadap Keputusan Pembelian pelanggan Mie Gacoan di Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Media Marketing, Customer Relationship Management, dan Keputusan Pembelian. Terdapat dua jenis variabel pada penelitian ini, yakni variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Social Media Marketing dan Customer Relationship Management sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Objek penelitian ini adalah Mie Gacoan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 125 responden dengan kategori masyarakat yang berdomisili di Jakarta yang sudah pernah mencoba atau mengkonsumsi produk Mie Gacoan selama 12 bulan terakhir. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan yang membeli produk Mie Gacoan dalam 12 bulan terakhir melalui media Google Form. Penarikan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling dengan Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Social Media Marketing memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Customer Relationship Management memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel Social Media Marketing memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan variabel Customer Relationship Management memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Peneliti menyarankan agar Perusahaan dapat lebih memperhatikan dan meningkatkan konten yang dibuat agar lebih menarik dan meningkatkan kualitas yang dilakukan oleh Mie gacoan untuk dapat meningkatkan Keputusan Pembelian pelanggan Mie Gacoan di Jakarta.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing; Customer Relationship Management; Keputusan Pembelian; Mi Gacoan |
Subjects: | H Social Sciences > HI Business > Business Plan > Technopreneurship H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Relations Management (CRM) |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 05:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 05:04 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/5468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |