Pengaruh Terpaan Konten Kekerasan Games Pubg Mobile Terhadap Perilaku Gamers di Sekolah Menengah Kejuruan Kawasan Gunung Sahari Jakarta Pusat / Cindy Natalia / 68150312 / Pembimbing : Dyah Nurul Maliki

Natalia, Cindy (2019) Pengaruh Terpaan Konten Kekerasan Games Pubg Mobile Terhadap Perilaku Gamers di Sekolah Menengah Kejuruan Kawasan Gunung Sahari Jakarta Pusat / Cindy Natalia / 68150312 / Pembimbing : Dyah Nurul Maliki. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
COVER skripsi games CINDY (1).docx - Accepted Version

Download (98kB)
[img]
Preview
Image
IMG_6840.JPG - Accepted Version

Download (404kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK indo.docx - Accepted Version

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRACT inggris.docx - Accepted Version

Download (13kB)
[img] Text
kata pengantar.docx - Accepted Version

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx - Accepted Version

Download (15kB)
[img] Text
bab 1.docx - Accepted Version

Download (21kB)
[img] Text
bab 2.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] Text
bab 3.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
bab 4.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
bab 5.docx - Accepted Version

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA game cindy.pdf - Accepted Version

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Lampiran semua.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Image
IMG_6837 (1).JPG - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan wacana fatwa haram oleh MUI untuk game Pubg yang bergenre battle royale ini terjadi setelah kejadian teror di Kota Christchurch, Selandia Baru. Komisi Perlindungan Hak Anak Delhi juga menyatakan bahwa permainan seperti Pubg Mobile bersifat negatif. Kesan negatif berangkat dari kasus kekerasan dan pembunuhan yang disinyalir berasal dari kecanduan Pubg Mobile. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengaruh terpaan konten kekerasan games “pubg mobile” terhadap perilaku gamers di Sekolah Menengah Kejuruan kawasan Gunung Sahari Jakarta Pusat. Peneliti menggunakan Teori S-O-R Effendy, Onong Uchjana. S-O-R merupakan singkatan dari Stimulus – Organism – Respons. Respon dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : Kognitif, Afektif, dan Konatif. Kekerasan simulasi kuat melekat pada permainan video. Menurut Haryatmoko Perasaan kuat sangat puas atau berkuasa dirasakan oleh para pemain yang merupakan bukti telah terjadi osmosis dengan dunia permainan. permainan semacam ini melahirkan banyak masalah psikologis. Kegelisahan, kekecewaan, atau kemarahan bisa lahir dari praktek permainan video ini. Objek penelitian ini adalah para gamers yang berlokasi di dua Sekolah Menengah Kejuruan kawasan Gunung Sahari Jakarta Pusat yaitu sekolah SMK Strada Gunung Sahari dan SMK Saint John. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. peneliti menggunakan metode penelitian survei eksplanatif bivariat. Dalam pengujian koefisien korelasi, dapat dikatakan bahwa variabel konten kekerasan (X) dan variabel perilaku (Y) berkorelasi dengan nilai signifikansi dari hasil analisis diatas adalah sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. Variabel X memiliki hubungan yang kuat dalam mempengaruhi variabel Y dilihat dari nilai Pearson Correlation pada tabel diatas sebesar 0.771 yang berarti termasuk ke dalam kategori korelasi kuat. Hipotesis dengan uji t (uji parsial), terlihat nilai signifikansi pada variabel konten kekerasan (X) adalah 0.000. dapat diketahui nilai t hitung = 15.093 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh antara konten kekerasan terhadap perilaku kognitif yang tinggi, terlihat dari hasil pengukuran rata-rata pada dimensi kognitif yaitu sebesar 3.82. Terdapat pengaruh antara konten kekerasan terhadap perilaku afektif yang cukup tinggi, terlihat dari hasil pengukuran rata-rata pada dimensi kognitif yaitu sebesar 3.29. Terdapat pengaruh antara konten kekerasan terhadap perilaku afektif yang cukup tinggi, terlihat dari hasil pengukuran rata-rata pada dimensi kognitif yaitu sebesar 2.74.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Video Games-Aspek Prikologi; Teori SOR; Konten Kekerasan; Perilaku Gamers; Konten Kekerasan; Pubg Mobile
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
N Fine Arts > NX Arts in general
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:02
Last Modified: 18 Jun 2020 07:01
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item