Rencana Bisnis Pendirian Gerai Minuman “YoJuice” di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara / Andrean / 73130120 / Pembimbing: Wiwin Prastio

Andrean, Andrean (2017) Rencana Bisnis Pendirian Gerai Minuman “YoJuice” di Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara / Andrean / 73130120 / Pembimbing: Wiwin Prastio. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
73120120 - Awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
73120120 - BAB 1.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text (Bab 2 Latar Belakang Perusahaan)
73120120 - BAB 2.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (Bab 3 Analisis Industri dan Pesaing)
73120120 - BAB 3.pdf - Published Version

Download (864kB)
[img] Text (Bab 4 Analisis Pasar dan Pemasaran)
73120120 - BAB 4.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Rencana Produksi dan Kebutuhan Operasional)
73120120 - BAB 5.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text (Bab 6 Rencana Organisasi dan Sumber Daya Manusia)
73120120 - BAB 6.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (Bab 7 Rencana Keuangan)
73120120 - BAB 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 8 Analisis Dampak dan Resiko Usaha)
73120120 - BAB 8.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text (Bab 9 Ringkasan Eksekutif)
73120120 - BAB 9.pdf - Published Version

Download (538kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
73120120 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (Lampiran)
73120120 - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
73120120 - original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Resume)
73120120 - RESUME.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

YoJuice didirkan dengan merespon tren gaya hidup sehat yang terus berkembang, karena buah dan yogurt merupakan makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Investasi awal untuk YoJuice sebesar 214.527.760 rupiah. YoJuice menjual minuman olahan dari campuran buah - buahan segar dan Yogurt sehingga jus yang dihasilkan memberikan rasa yang berbeda dari jus biasanya. Visi YoJuice adalah menjadi usaha yang menyediakan juice buah segar yang unik dan menyehatkan terbaik di Jakarta. Misi YoJuice adalah memberikan pelayanan terbaik dan menyediakan juice segar yang berkualitas dan menyehatkan bagi masyarakat Jakarta. Rata-rata pengeluaran perkapita untuk minuman dan makanan jadi terus meningkat dari tahun ke tahun, sehingga menjadi daya tarik untuk membuka usaha ini. Pesaing YoJuice ada 2 yaitu chatime dan Jamba Juice yang berada di mall Kelapa Gading. YoJuice memiliki 3 alur kerja yaitu, pengadaan, operasi dan produksi. Pengadaan bahan baku dimulai dengan meminta harga kepada supplier, membandingkan harga lalu memesan bahan baku. Jika spesifikasinya salah makan akan diretur kepada supplier yang bersangkutan. Alur operasi dimulai dengan memilah buah-buahan yang baik dan dikemas serta membuat yogurt. Alur produksi dimulai dengan menerima order dari konsumen, dilakukan proses pembayaran, kemudian memproduksi produk, dan diserakhan ke konsumen. Segmen konsumen YoJuice adalah semua orang di Jakarta dan Kelapa Gading dari segala usia yang sudah sadar akan pentingnya hidup sehat. Untuk targetnya, YoJuice menggunakan undifferentiated marketing karena buah-buahan dibutuhkan oleh semua orang. YoJuice diposisikan untuk menjadi gerai jus buah yang mengolah jus buah segar yang di campur dengan yogurt. YoJuice memiliki 1 manager, 2 staf produksi dan 2 kasir yang memiliki shift yang dapat mengisi seluruh jam kerja dari jam 7 pagi sampai 10 malam. Setiap karyawan memiliki gaji yang telah dihitung dengan mencakup gaji dan uang makan. Analisis keuangan selama 5 tahun menunjukkan penjualan setiap tahun berada di atas nilai Break Even Point. Net Present Value sebesar 377.026.739 atau di atas 0 rupiah, Internal Rate of Return sebesar 47,55%, yaitu di atas biaya modal sebesar 11,36%, Payback Period YoJuice adalah 2 tahun 5 bulan 16 hari, yang berada di bawah 5 tahun, dan Profitability Index bernilai 2,75747297 dimana seharusnya berada lebih dari 1. Maka dari seluruh analisis, bisnis ini layak untuk dijalankan. YoJuice memiliki beberapa risiko, diantaranya adalah pengiriman bahan baku dari supplier yang terlambat, kerusakan buah dari supplier, keterbatasan jumlah supplier, persaingan yang ketat, keluhan konsumen, loading dock penuh, stok buah habis, dan adanya event sale di mall. Cara untuk mengatasinya adalah perjanjian dengan supplier, mencari supplier cadangan, melihat respond an pergerakan pesaing, kerja sama dengan supplier dalam proses memasok, membeli stok buah cadangan, dan koordinasi dengan karyawan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Bisnis; Bisnis-Studi Kelayakan; Pemasaran, Strategi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > Financial Management > Budgeting
H Social Sciences > HI Business > Business Plan
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management > Executive Management > Strategic Planning (Management)
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 12 Apr 2021 08:51
Last Modified: 12 Apr 2021 08:51
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item