Pengemasan Informasi Pada Konten Instagram @lsprjakarta dalam Mengomunikasikan Pesan Selama Pandemi COVID-19 / Ong Xena Jihan Shania Budiman / 63160155 / Pembimbing: Glorya Agustiningsih

Ong, Xena Jihan Shania Budiman (2020) Pengemasan Informasi Pada Konten Instagram @lsprjakarta dalam Mengomunikasikan Pesan Selama Pandemi COVID-19 / Ong Xena Jihan Shania Budiman / 63160155 / Pembimbing: Glorya Agustiningsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (Halaman Judul)
Awal.pdf - Published Version

Download (28MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
bab 1.pdf - Published Version

Download (26MB)
[img] Text (Bab 2 Kajian Pustaka)
bab 2.pdf - Published Version

Download (28MB)
[img] Text (Bab 3 Metode Penelitian)
bab 3.pdf - Published Version

Download (28MB)
[img] Text (Bab 4 Hasil Analisis dan Pembahasan)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
bab 5.pdf - Published Version

Download (28MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (28MB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (29MB)
[img] Text (Pernyataan Originalitas)
Original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Resume)
resume.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan jaman yang semakin maju membawa dampak yang pesat bagi perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi komunikasi membantu perusahaan atau organisasi, khususnya praktisi public relations (PR) dalam menjangkau khalayaknya melalui media-media yang semakin canggih dan cepat. Salah satu media yang sering digunakan dalam aktivitas PR adalah media sosial Instagram. Melalui Instagram, memudahkan Institut Komunikasi dan Bisnis London School of Public Relations dalam mengomunikasikan pesan yang dikemas untuk memenuhi kebutuhan khalayak akan informasi pada situasi pandemi COVID-19. Pada penelitian ini menggunakan teori dasar yaitu teori relationship management. Teoriini merupakan upaya dalam membangun hubungan yang positif dan saling menguntungkan. Dari teori ini diturunkan pada konsep kemasan informasi yang dibutuhkan pada situasi krisis menurut Sturges yang akan digunakan untuk menganalisis pesan konten Instagram @lsprjakarta. Kemasan informasi tersebut yaitu instructing information, adjusting information, dan internalizinginformation. Kategori kemasan informasi tersebut akan dikaitkan dengan tiga jenis konten Instagram @lsprjakarta, yaitu instagram feed, instagram TV, dan instagram highlight. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Penelitian kualitatif deskriptif menjelaskan kondisi secara nyata yang dialami oleh subjek penelitian atau mendeskripsikan secara detail mengenai objek penelitian yang akan diteliti. Pada penelitian ini, peneliti melakukan observasi online dalam mengamati konten-konten Instagram@lsprjakarta selama periode tiga bulan yakni Maret hingga Mei 2020. Hasil dari penelitian ini, setelah melakukan analisis data temuan pada konten Instagram @lsprjakarta adalah sebagai berikut. Konten-konten yang termasuk dalam kemasan instructinginformation adalah konten @lsprjakarta yang berisi informasi arahan untuk selalu menggunakan masker dan pencuci tangan. Dari kemasan adjusting information, berupa konten yang memberikanwebinar tentang mengatasi COVID-19 dengan narasumber dokter yang menjadi relawan dalam mengatasi COVID-19. Sedangkan kemasan internalizing information berupa konten yang berisi informasi peralihan kuliah online, donasi makanan, masker, pencuci tangan, dan APD, serta langkah kampus dalam menghadapi masa pandemi COVID-19. Dari keseluruhan ini, maka dapat disimpulkan bahwa dari kemasan informasi instructing, adjusting, dan internalizing dapat ditemukan pada konten Instagram @lspr selama situasi pandemiCOVID-19. Kemasan instructing information berisi informasi langkah dalam pencegahan penularan secara fisik, adjusting information memberikan informasi yang mengurangi kecemasan publik (secara psikologis) dan internalizing information dengan memberikan informasi aktivitas kampus dalam keterlibatan menghadapi COVID-19.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Hubungan Masyarakat; Media Sosial; Pemasaran-Komunikasi; Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies
H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Mass Media
H Social Sciences > HE Communications Science > Public Relations
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 16 Jun 2021 04:07
Last Modified: 16 Jun 2021 04:07
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item