Hartanto, Valerie Denise (2014) Motif Menonton Video Music Cover Melalui Situs Youtube (Survei Eksploratif Pada Mahasiswa Institut Musik Indonesia Angkatan 2009-2014) / Valerie Denise Hartanto / 64080062 / Pembimbing : Wiratri Anindhita. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf Download (990kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (871kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf Download (1MB) |
Abstract
Di era komunikasi global seperti sekarang ini banyak sekali bermunculan situs-situs social networking yang cukup menarik perhatian, Youtube merupakan salah satu situs yang menjadi tren saat ini. Melalui Youtube, semua orang dapat menonton ataupun mengunggah video mereka atau orang lain, dan salah satu video yang populer saat ini adalah video music cover. Dalam menonton video music cover melalui situs Youtube, tentunya mahasiswa Institut Musik Indonesia memiliki tujuan atau motif-motif tertentu. Motif-motifnya antara lain motif informasi, motif identitas personal, motif integritas/interaksi sosial dan motif hiburan. Teori Uses and Gratifications lebih menekankan pada pendekatan manusiawi dalam melihat media massa. Khalayak dianggap secara aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Karena penggunaan media hanyalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan psikologis, efek media dianggap sebagai situasi ketika kebutuhan itu terpenuhi. Efek tersebutlah yang memunculkan motif dalam penggunaan media. Penelitian ini variabelnya adalah motif menonton video music cover melalui situs Youtube. Obyek penelitian dalam skripsi ini adalah motif menonton video musik cover melalui situs Youtube dengan responden mahasiswa Institut Musik Indonesia. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Institut Musik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. peneliti memilih teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode sensus. Dengan teknik analisis data yaitu analisis presentasi, skala likert dan uji validitas dan reabilitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk motif informasi dalam menonton video music cover di situs Youtube, didapatkan hasil ternyata cukup mampu memberikan informasi tentang musik bagi reponden dengan rata-rata sebesar 3,54. Untuk motif identitas pribadi didapatkan hasil dengan rata-rata sebesar 2,94. Untuk motif interaksi sosial didapatkan hasil dengan rata-rata sebesar 3,5. Untuk motif hiburan didapatkan hasil rata-rata sebesar 3,8. Berdasarkan hasil yang didapat, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Institut Musik Indonesia memiliki motif-motif yang mendorong untuk menonton video music cover. Bagi mahasiswa Institut Musik Indonesia, menonton video music cover mampu untuk mendapatkan informasi mengenai referensi aransemen lagu dan membantu mereka melakukan interaksi sosial. Hasil terbesar dari penelitian adalah motif hiburan.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Music Cover; Interaksi Sosial; Media Sosial-Aspek Psikologi; Youtube; Broadcasting |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Broadcasting M Music and Books on Music > M Music H Social Sciences > HE Communications Science > Multimedia Production H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 05:14 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 05:14 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3009 |
Actions (login required)
View Item |