Pengaruh Event Midnight Sale Mall of Indonesia terhadap Respon Pengunjung / Elyza Chairina / 65090353 / Pembimbing : Bilson Simamora

Chairina, Elyza (2014) Pengaruh Event Midnight Sale Mall of Indonesia terhadap Respon Pengunjung / Elyza Chairina / 65090353 / Pembimbing : Bilson Simamora. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (681kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RESUME.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pusat perbelanjaan atau yang dikenal dengan mal memiliki beragam toko retail didalamnya dalam satu bangunan yang terhubung sehingga dapat memberikan kenyamanan berbelanja bagi pengunjungnya. Pusat perbelanjaan ini merupakan adaptasi dari sistem pasar terdahulu ketika orang-orang kelas menengah atas menginginkan kenyamanan lebih dari sebuah pasar modern dengan tambahan fasilitas elevator dan keranjang belanja. Saat ini toko-toko yang ada didalam mal tidak hanya sekedar toko retail tetapi juga terdapat barber shop, bioskop dan restoran. Umumnya pengunjung yang datang ke mal bertujuan untuk melepas penat setelah rutinitas harian yang cukup padat, berkumpul bersama teman atau keluarga atau bahkan rekan kerja, yang biasanya dilakukan pada akhir pekan. Dengan semakin banyaknya mal yang ada, otomatis akan terjadi banyak persaingan dalam bisnis pusat perbelanjaan, sehingga setiap mal harus memiliki inovasi untuk menarik lebih banyak pengunjung, salah satunya dengan cara memberikan penawaran promosi dan menyelenggarakan event. Salah satu event yang sudah sangat popular adalah event midnight sale. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis ingin meneliti tentang pengaruh dari event ini terhadap respon pengunjung. Mal yang akan diteliti oleh penulis adalah Mall of Indonesia yang merupakan salah satu mal yang ikut mengadakan event midnight sale. Oleh karena itu, pertanyaan yang mewakili penelitian ini adalah bagaimana pengaruh event midnight sale terhadap respon pengunjung? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori event yang dikemukakan oleh Noor Any, teori-teori mengenai komunikasi pemasaran lainnya, sales promotion dan event. Penulis berusaha untuk mengetahui apakah event midnight sale yang dilakukan Mall of Indonesia (MOI) dapat mempengaruhi respon pengunjung. Respon pengunjung akan ditinjau melalui model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif melalui survei eksplanatif. Responden yang diambil merupakan responden yang telah sesuai dengan kriteria penelitian. Uji regresi juga dilakukan untuk mengukur variabel independen dengan sub variabel dependen masing-masing yang diujikan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan pengaruh positif event midnight sale yang diselenggarakan Mall of Indonesia terhadap respon pengunjung ditinjau dengan dimensi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Penulis juga melakukan penelitian terhadap hubungan antar respon model AIDA. Hasil penelitian menunjukkan antara respon Attention, Interest, Desire dan Action terdapat pengaruh positif yang saling mempengaruhi. Dari hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa pengaruh event midnight sale yang diselenggarakan Mall of Indonesia cukup memuaskan terhadap respon attention, interest, desire dan action pengunjung. Hubungan antara event dan respon masih dalam persentase yang kecil sehingga cara ini perlu di evaluasi kembali untuk terus dikembangkan agar menjadi komunikasi pemasaran yang baik bagi Mall of Indonesia.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pemasaran-Promosi; Pemasaran, Strategi;
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Strategic Marketing
Depositing User: mahmud moed mahmud
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:18
Last Modified: 16 Mar 2022 05:18
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item