Purwaningsih, Dian (2014) Pengaruh Perilaku Penggunaan Media Sosial dan Persepsi Iklan Layanan Masyarakat terhadap Sikap Pernikahan Dini / Dian Purwaningsih / 62100576 / Pembimbing: Imam Nuraryo. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (816kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (866kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (974kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
RESUME.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi turut memberikan arti yang sangat penting dalam bidang komunikasi seperti penggunaan media sosial. Seiring dengan perkembangan dunia periklanan, melalui Iklan Layanan Masyarakat, pemerintah menghimbau untuk tidak melakukan pernikahan dini karena tingginya angka kematian wanita, perceraian, dan jumlah kepadatan penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh perilaku penggunaan media sosial dan persepsi Iklan Layanan Masyarakat terhadap sikap pernikahan dini pada siswa/i SMA YAPPENDA, Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Kegunaan dan Gratifikasi dalam hal penggunaan media sosial. Teori Stimulus Organism Response dalam hal Iklan Layanan Masyarakat. Teori Fungsional dalam kaitannya dengan komunikasi keluarga. Komunikasi Antarpribadi dalam kaitannya dengan komunikasi teman serta konsep sikap yang berkaitan dengan sikap pernikahan dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada 92 responden di SMA YAPPENDA. Siswa kelas X dan XI jurusan IPA maupun IPS dipilih secara random sistematis dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Penelitian dilakukan dengan metode survei eksplanatif yang bersifat asosiatif yaitu menjelaskan adakah pengaruh antar variabel yang ingin diteliti. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, Structural Equation Modeling (SEM), Penilaian Overall Fit, dan Path Diagram. Dari hasil data yang peneliti uji tidak terdapat cukup bukti yang signifikan antara perilaku penggunaan media sosial dan persepsi Iklan Layanan Masyarakat terhadap sikap pernikahan dini. Namun ada beberapa variabel yang signifikan diantaranya adalah perilaku penggunaan media sosial berpengaruh terhadap komunikasi teman, komunikasi keluarga berpengaruh terhadap komunikasi teman dan komunikasi keluarga berpengaruh terhadap sikap pernikahan dini. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa perilaku penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi teman, kemudian komunikasi keluarga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komunikasi teman dan sikap pernikahan dini.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial; Iklan Layanan Masyarakat; Pernikahan Dini; Komunikasi Antarpribadi; Komunikasi Keluarga; Structural Equation Modeling (SEM); Penilaian Overall Fit; Path Diagram |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Digital Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:12 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3145 |
Actions (login required)
View Item |