Strategi Komunikasi Pemasaran Para Pedagang Pasar Tanah Abang Blok A Pada Masa Pandemi Covid-19 / Melvin Jonathan Sanjaya / 65170454 / Dosen Pembimbing : Siti Meisyaroh

Sanjaya, Melvin Jonathan (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran Para Pedagang Pasar Tanah Abang Blok A Pada Masa Pandemi Covid-19 / Melvin Jonathan Sanjaya / 65170454 / Dosen Pembimbing : Siti Meisyaroh. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Usaha merupakan suatu kegiatan individu untuk melakukan sesuatu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Membuka Usaha baik itu individual atau perusahaan sudah menjadi pekerjaan yang sudah turun menurun diajarkan oleh kakek nenek kita. Manusia tidak bisa lepas dari usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dan menjadi sumber keuangan kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak usaha selama masa pandemik Covid 19. Pandemi Covid-19 yang datang tiba-tiba memberikan dampak penurunan ekonomi yang cukup besar. Tidak ada satupun dari kita yang bisa memprediksi sampai kapan pandemi ini akan berlangsung, termasuk dampak yang menyertainya. Karena itu, bagi para pelaku usaha bersikap fleksibel termasuk dalam mengubah rencana usaha yang dibuat di masamasa sebelum pandemic terjadi menjadi sangat perlu untuk dilakukan jika ingin mempertahankan usaha. Termasuk diantaranya strategi para pedagang yang bermukim di Pasar Tanah Abang Blok A harus mengubah strategi atau pola berdagangnya agar tetap bisa eksis di tengah pandemic Covid-19 yang melanda. Pemasaran selalu mengutamakan konsep komunikasi dalam memasarkan produk atau jasa. Penggunan komunikasi pemasaran mampu memberikan keputusan bagi konsumen untuk membeli produk atau jasa. Hal ini yang menjadikan dunia bisnis pemasaran menjadi semakin ketat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran pemasaran yang telah dilakukan Pedagang pasar Tanah abang Blok A baik secara internal maupun eksternal. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji bauran pemasaran dengan konsep 7P dan strategi komunikasi pemasaran kedai yaitu deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informent menggunkan teknik purposive sampling. Informent penelitian ini antara lain: pemilik, kaaryawan, dan konsumen. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang sedalam-dalamnya pula, yang menunjukkan pentingnya kedalaman dan detail suatu data yang diteliti. Penelitian tentang dampak bagi konsumen. Penelitiankualitatif peneliti dengan menggali data sedalam-dalamnya seperti mewawancarai narasumber yang bersangkutan. Hasil yang diperoleh yaitu: 1) menerapkan bauran pemasaran konsep 7P sehingga menjadi pembeda dengan Pedagang yang lain, 2) strategi komunikasi yang diterapkan dapat mengantisipasi kejenuhan konsumen dengan memberikan rasa nyaman dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Usaha; Covid 19; Konsumen; Komunikasi Pemasaran; Pedagang; Pasar Tanah Abang
Subjects: H Social Sciences > HE Communications Science > Interpersonal Relation
H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction
H Social Sciences > HE Communications Science > Social Media
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:39
Last Modified: 01 Aug 2022 03:39
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3180

Actions (login required)

View Item View Item