Leonard, Henricus (2013) Analisis Kegiatan Corporate Social Responsibility dalam Mempertahankan Citra Positif Djarum (Studi Kasus pada Program Pemberian Beasiswa Beswan Djarum) / Henricus Leonard / 69080441 / Pembimbing : Gloria Agustiningsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version Download (886kB) |
|
Text
BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN (CLOSED).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Download (860kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (953kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text
PERNYATAAN ORIGINALITAS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dewasa ini, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam sebuah perusahaan semakin berkembang. Perusahaan seiring dengan pertumbuhan laba dituntut untuk turut serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Pelaksanaan CSR berkaitan erat dengan citra perusahaan. Citra perusahaan semakin dianggap penting yang mempengaruhi keberlanjutan bisnis sebuah perusahaan. PT. Djarum merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang rutin melakukan kegiatan CSR. PT. Djarum sebagai perusahaan yang telah berkembang telah membentuk citra positif, saat ini tahapan PT. Djarum adalah untuk mempertahankan citra positif perusahaan. Penelitian ini membahas bagaimana salah satu program CSR PT. Djarum yaitu Beswan Djarum mempertahankan citra positif perusahaan. Dalam menganalisa dan menginterpretasi data untuk menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan konsep Triple Bottom Line untuk menganalisis kegiatan CSR yaitu program Beswan Djarum. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data in depth interview sebagai data primer dan data pustaka dan dokumentasi dari website sebagai data sekunder. Metode ini digunakan karena penulis harus menganalisis persepsi publik yang sulit diukur secara kuantitatif. Informan yang digunakan berjumlah lima orang. Dalam pemilihan informan, penulis menggunakan metode purposive sampling. Peneliti juga menggunakan metode penelitian studi kasus sesuai dengan judul penelitian ini. Metode studi kasus digunakan untuk memfokuskan penelitian kepada program CSR Beswan Djarum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Djarum memiliki citra positif oleh publik. Program Beswan Djarum dilihat sebagai tindakan positif dan merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat. Program Beswan Djarum juga memenuhi aspek profit, people, planet dalam konsep triple bottom line. Persepsi informan terhadap Beswan Djarum positif, Beswan Djarum juga sesuai dengan konsep CSR yang ideal menurut para informan. Beswan Djarum juga membangkitkan motivasi informan yang berujung kepada sikap positif kepada Beswan Djarum. Menurut hasil penelitian PT. Djarum dapat dikelompokkan sebagai perusahaan golongan hijau yang sudah secara aktif melakukan CSR dan menerapkan CSR sebagai strategi perushaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan CSR Djarum khususnya program Beswan Djarum telah berhasil mempertahankan citra positif perusahaan. Kegiatan Beswan Djarum sendiri dianggap telah menunjukkan kontribusi nyata bagi perkembangan masyarakat dan lingkungan. Hal ini tampak dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa PT. Djarum selalu terlibat secara langsung dalam setiap program yang ada, begitupula dengan program Beswan Djarum.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility (CSR); meningkatkan kesejahteraan masyarakat; kelestarian lingkungan; keberlanjutan bisnis; Rokok; PT Djarum; Citra Perusahaan; Beasiswa Beswan Djarum |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Cultural Studies H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication |
Depositing User: | mahmud moed mahmud |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 04:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 04:49 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3643 |
Actions (login required)
View Item |