Diana, Teresa (2016) Persepsi Karyawan Terhadap Aktivitas Komunikasi Organisasi Dalam Upaya Menentukan Kepuasan Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Karyawan PT. Allegra Tri Mitra) / Teresa Diana / 66120194 / Pembimbing: Glorya Agustiningsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.
Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
BAB II.pdf - Published Version Download (835kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
BAB III.pdf - Published Version Download (673kB) |
|
Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
|
Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (528kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (627kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
|
Text (RESUME)
Resume.pdf - Published Version Download (817kB) |
Abstract
Setiap perusahaan tentu membutuhkan karyawan dalam menjalankan setiap aktivitas yang ada didalam organisasi. Karyawan merupakan aset terpenting yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Selayaknya manusia pada umumnya, karyawan juga membutuhkan hal-hal yang mampu membuatnya merasa puas saat bekerja didalam organisasi. Salah satunya adalah kebutuhan karyawan akan kepuasan komunikasi didalam organisasi. Salah satu hal yang mampu membentuk kepuasan komunikasi dalam diri karyawan adalah informasi organisasi yang disediakan sesuai dengan harapannya. Kepuasan komunikasi dapat dilihat dari persepsi individu karyawan mengenai keseluruhan lingkungan komunikasinya didalam organisasi. Untuk itu, pihak perusahaan perlu menciptakan suasana dan hubungan komunikasi yang baik dan positif sesuai keinginan karyawan agar terjadi kepuasan komunikasi didalam diri karyawan. Teori yang digunakan didalam penelitian ini adalah kepuasan komunikasi organisasi dan komunikasi organisasi. teori lainnya yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan persepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepuasan komunikasi yang ada pada tiga orang karyawan yang bekerja disebuah perusahaan percetakan. Informan dari penelitian ini adalah ketiga karyawan yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam semiterstruktur dan observasi pastisipasi aktif dan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa bila informasi yang tersedia, informasi yang tepat sesuai dengan harapan karyawan, serta kenyamanan dengan hubungan-hubungan komunikasi didalam organisasi, dan kepuasan dengan media yang digunakan untuk menyampaikan informasi memang mampu menimbulkan kepuasan komunikasi didalam diri karyawan secara individu. Informasi jelas, tepat, lengkap, terbuka dan tepat waktu akan mempermudah karyawan melaksanakan aktivitasnya didalam organisasi. Kenyamanan dalam hubungan komunikasi dengan seluruh anggota organisasi menjadikan karyawan berani terbuka dengan segala hal yang ia rasakan dan ia hadapi, sehingga pihak organisasi mampu membantu memberikan solusi untuk permasalahan yang dihadapi sehingga karyawan merasa dianggap. Serta adanya kepuasan dengan media yang digunakan dalam penyampaian informasi disebabkan oleh cara penyampaian informasi yang sesuai dengan keinginan karyawan. Dengan adanya lingkungan komunikasi yang positif dan sesuai harapan karyawan, maka terbentuklah persepsi yang positif didalam diri karyawan mengenai lingkungan komunikasinya yang menandakan adanya kepuasan komunikasi yang dirasakan karyawan didalam dirinya secara individu.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Karyawan; Sukses Perusahaan; Aktivitas Komunikasi Organisasi; Kepuasan Komunikasi; PT. Allegra Tri Mitra |
Subjects: | H Social Sciences > HE Communications Science > Corporate Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Marketing Communication H Social Sciences > HE Communications Science > Social Interaction H Social Sciences > HE Communications Science > Verbal Communication |
Depositing User: | bambang bonk jatmiko |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 01:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 01:48 |
URI: | http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3710 |
Actions (login required)
View Item |