Pengaruh Celebrity Endorser dalam Iklan Yamaha pada Media Televisi terhadap Minat Beli Konsumen / Ryan Caesarly Santosa / 28100307 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih

Santosa, Ryan Caesarly (2014) Pengaruh Celebrity Endorser dalam Iklan Yamaha pada Media Televisi terhadap Minat Beli Konsumen / Ryan Caesarly Santosa / 28100307 / Pembimbing: Rita Eka Setianingsih. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
awal.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab 1.pdf - Published Version

Download (761kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
bab 2.pdf - Published Version

Download (744kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
bab 3.pdf - Published Version

Download (734kB)
[img] Text (BAB IV HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
bab 5.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PERNYATAAN ORIGINALITAS)
original.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text (RESUME)
resume.pdf - Published Version

Download (811kB)

Abstract

Pada era globalisasi, masyarakat menjadi semakin mobile sehingga tidak mengherankan bahwa alat transportasi menjadi kebutuhan primer. Seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk, meningkat pula kebutuhan akan alat transportasi, yang mengakibatkan persaingan ketat antar perusahaan otomotif. Motor saat ini menjadi pilihan utama masyarakat dalam mengarungi lalu lintas kota-kota besar, karena memiliki harga yang lebih terjangkau dan dengan kemacetan yang merajalela motor menjadi pilihan cerdas bagi masyarakat yang mobile. Dengan tingginya permintaan perusahaanperusahaan ototmotif, khususnya sepeda motor, juga berlomba untuk mengeluarkan produk terbaru mereka umtuk meningkatkan minat dari para calon konsumen. Dengan persaingannya yang ketat, perusahaan-perusahaan ototmotif bertindak sekreatif mungkin untuk menjadi market leader.Salah satu cara perusahaan untuk menarik minat konsumen adalah dengan beriklan. Iklan yang ditampilkan oleh perusahaan otomotif ini bukan hanya menampilkan produk terbaru mereka saja, namun juga mereka menampilkan seorang selebriti atau yang dikenal dengan celebrity endorser dalam iklan produk mereka. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan minat beli dari konsumen. Yamaha adalah salah satu perusahaan otomotif yang menggunakan celebrity endorser dalam iklan produknya. Mereka memilih Valentino Rossi sebagai endorser karena dianggap memiliki penggemar yang cukup banyak di Indonesia sehingga diharapkan dapat menarik minat beli konsumen. Selain itu, Valentino Rossi juga dianggap memiliki daya tarik, keahlian, dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh Valentino Rossi sebagai celebrity endorser dalam iklan Yamaha terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori-teori untuk lebih memahami pengertian dan konsep yang berhubungan dengan pembahasan skripsi ini. Teori-teori tersebut meliputi iklan, minat beli, dan celebrity endorser. Objek penelitian adalah konsumen yang pernah melihat iklan Yamaha, data yang diperlukan dikumpulkan dengan menggunakan metode komunikasi melalui kuesioner dan observasi, dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap pra-kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda dengan uji F, uji t, koefisien determinasi dan uji asumsi klasik. Regresi ganda digunakan untuk mengetahui pengaruh Valentino Rossi sebagai celebrity endorser dalam iklan Yamaha terhadap minat beli konsumen. Hasil analisis menunjukkan responden setuju bahwa daya tarik selebriti, kepercayaan selebriti, dan juga keahlian selebriti berpengaruh terhadap minat beli konsumen yang ditunjukkan dengan skor masing-masing variabel dan juga atribut-atribut dari masing-masing variabel. Pengujian regresi menghasilkan bahwa kepercayaan terhadap Valentino Rossi sebagai celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli konsumen, sedangkan daya tarik selebriti dan keahlian selebriti tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepercayaan selebriti berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Alat Transportasi; Iklan; Persaingan ketat; Perusahaan Otomotif; Motor; Celebrity Endorser; Yamaha; Valentino Rossi
Subjects: H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Behavior
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Commercial Products
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Customer Satisfaction
H Social Sciences > HD Management. Industries. Land use. Labor > Marketing (General) > Sales Promotion
Depositing User: bambang bonk jatmiko
Date Deposited: 04 May 2023 04:49
Last Modified: 04 May 2023 04:49
URI: http://eprints.kwikkiangie.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item